Pontensi Wisata Danau Sentani Perlu Dikembangkan

share on:
Keindahan Danau Sentani dilihat dari Kampung Doyo Lama (Jubi/Benny)

Jayapura (3/10)—Keindahan alam Danau Sentani berpotensi wisata. Bahkan potensi pulau, isi danau, dan alam sekitar pantainya perlu digali. “Semua yang berhubungan dengan Danau Sentani ini potensi wisata,” kata Meky Pangkatana, warga Doyo Lama, Distrik Waibu, Sentani Timur, Kabupate Jayapura, Papua.

 

Menurut Meky, hal yang paling sederhana yang mesti pemerintah lakukan, yakni pembangunan jalan atau transportasi. “Pemerintah buat jalan aspal keliling danau ini. Orang kota yang pening dengan rutinitas kerja, bisa refresing ke tempat ini,” katanya.

Jika jalan darat ada, kata Meky, para pegunjung pasti akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah, yang ada di pinggiran Danau Sentani. Contohnya mengunjungi Situs Megalitik Tutari yang ada di Doyo Lama, Kabupaten Jayapura. “Kunjungan ke sini memang mudah, karena ada jalan darat. Tapi keliling danau ini tak bisa, karena tak ada jalan darat,” katanya.

Menurut Meky, pemerintah bisa membangun beberapa vila di pulau-pulau yang ada di tengah Danau Sentani. “Buat tempat-tempat istirahat di pulau, pasti menarik banyak orang berkunjung. Sebenarnya banyak poptensi lain yang harus dipikirkan untuk mengembangkan sektor pariwisata di sekitar Danau Sentani,” katanya.

Nantinya, kata Meky, vila-vila yang dibangun itu dilengkapi dengan masakan-masakan khas Papua dan juga ada kapal-kapal pesiar mengelilingi Danau Sentani. Kapal ini yang membawa wisatawan melihat keindahan Danau Sentani dari dekat. “Semua ini, tak lain menciptakan lapangan kerja bagi orang Sentani. Sehingga, anak-anak kampung jangan hanya berkeliaran di kota, karena tak ada pekerjaan,” katanya. (Jubi/Mawel)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pontensi Wisata Danau Sentani Perlu Dikembangkan