Polda Papua Ganti 25 Kapolres

share on:
Upacar Sertijab Kopolres Beberapa Daerah di Papua dan Papua Barat. (Jubi/Arjuna)

Jayapura (29/10)—Kepolisian Daerah (Polda) Papua melakukan pergantian 25 Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) kabupaten/kota dari 29 Polres kabupaten/kota yang ada di Papua dan Papua Barat. Serah Terima Jabatan (Sertijab) dilakukan di Aula Rastra Samara Polda Papua, Senin (29/10).

 

Selain Sertijab 25 Kapolres, AKBP I Gede Sumerta Jaya. Sik, yang semula hanya sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua, juga dikukuhkan menjadi Kabid Humas Polda Papua.

 

Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Karnavian usai sertijab mengatakan, ini adalah penyegaran organisasi apalagi sebagian Kapolres yang ada sudah disprinkan tinggal dikukuhkan saja. Hal kedua, Polda Papua banyak menerima lulusan Sespim sehingga tentunya mereka juga harus berkarir jadi Kapolres.

 

“Juga banyak yang sudah lama. Seperti Mimika kan sudah cukup lama. Maka kita rotasi supaya yang sudah lama ini naik juga eselonnya sementara mantan-mantan sistem yang prestasinya baik ini diberikan menempati posisi Kapolres,”  kata Irjen Pol Tito Karnavian.

 

Ditanya apakah pergantian sejumlah Kapolres tersebut berkaitan dengan komitmen Kapolda yang fokus untuk pemberantasan korupsi, menurutnya, yang paling utama adalah penyegaran. “Tapi dalam briefing kita sampaikan juga Kapolres harus mendukung kebijakan tersebut,” singkatnya.

 

Terkait ancaman Kapolda yang akan menggeser Kapolres jika hingga Desember tidak ada perkembangan dalam tindak lanjut kasus korupsi dikatakannya, bukan Kapolres yang akan digeser, namun Kasat Serse. “Yang digeser adalah Kasat Sersenya. Kapolresnya kita lihat perkembangannya seperti apa. Karena saya minta yang penting Kapolres mendukung dan tidak menghalangi,” tandas Tito Karnavian.

 

Adapun 25 Kapolres kabuapten/kota Papua dan Papua Barat yang diganti dan dikukuhkan antar lain Kabupaten Nabire, Keerom, Merauke, Sarmi, Kota Sorong, Boven Digoel,  Mimika, Paniai, Kaimana, Sorong Selatan, Supiori, Jayawijaya, Teluk Wondama, Puncak Jaya, Kepulauan Yapen, Waropen, Pegunungan Bintang, Teluk Bintuni, Tolikara, Yahukimo, Manokwari, Biak, Jayapura dan Mappi.

 

Sementara kabupaten/kota yang Kapolresnya tidak mengalami pergantian adalah Kabupaten Asmat, Raja Ampat, Fakfak dan Kota Jayapura. (Jubi/Arjuna)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polda Papua Ganti 25 Kapolres