YPKM Papua Tangani 200 ODHA

share on:
Sancy Joice Erlely, aktivis YPKM (Jubi/Musa)

Jayapura (28/10) — Yayasan Pengembangan Kesehatan Masyarakat (YPKM) Papua di Jayapura, dua tahun ini sementara menangani 200 Orang Dalam AIDS (ODHA). Dari jumlah itu, empat orang meninggal dunia.

 

Hal ini disampaikan Sanci Joiz Erlely, manager program YPKM Papua kepada wartawan di sela-sela pelatihan pendidik sebaya HIV/AIDS  bagi pemuda gereja di kota Jayapura yang berlangsung di Gedung Sebaguna Gereja Elim Abepura, Senin(29/10). Menurutnya, ODHA yang sementara ditangani sebanyak 200 orang. Penderita terbanyak di kabupaten Jayawijaya.

“Kabupaten Jayawijaya jumlahnya paling banyak,” ujarnya.  Hingga kini, lanjut Joiz, YPKM kabupaten Jayawijaya sementara menangani  80 ODHA. Selanjutnya untuk kota Jayapura, sementara YPKM Papua merawat 26 ODHA. Dari penanganan ini, kurung waktu dua tahun terakhir ini empat pendertita meninggal dunia.

Tiga diantaranya dari Jayapura. Satunya lagi dari Serui. “Untuk kota Jayapura ada satu kasus ODHA meninggal. Satunya lagi dari Serui,” ujarnya. Keempat penderita ini terpaksa harus menghembuskan nafas terakhirnya karena lambat membawa diri ke rumah sakit untuk diperiksa. “Rata-rata sudah berada di stadium empat sehingga cukup sulit untuk di tangani,” tuturnya.

Bertolak dari itu, saat ini pihaknya berupaya melibatkan puluhan pemuda gereja untuk mengikuti pelatihan pendidik sebaya HIV/AIDS  bagi pemuda dari berbagereja di Jayapura untuk membantu YPKM menangani penyakit mematikan ini. (Jubi/Musa)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  YPKM Papua Tangani 200 ODHA