Staf Wapres Temui DPRP

share on:
Waket I DPRP, Yunus Wonda. (Jubi/Arjuna)

Jayapura (6/11)—Setelah sehari sebelumnya, Dubes AS menemui DPR kali ini staf wakil kepresidenan yang bertemu dengan para legislatif, Selasa (6/11).Usai pertemuan yang berlangsung tertutup itu, Wakil Ketua I DPRP, Yunus Wonda mengatakan, kedatang staf wakil kepresidenan tidak berbeda dengan tujuan kedatangan Dubes AS, Scot Marciel.

 

“Intinya mereka datang mengecek sejauh mana pelaksanaan Otsus Papua dan bagaimana hingga Pilgub terhambat. Kami katakan hal ini juga yang ditanyakan Kedutaan As kemarin. Mereka kaget karena yang langsung datang kedutaan As bukan staf atau yang mewakili,” kata Yunus Wonda.

 

Menurutnya, piha DPRP meminta agar UU 21 bisa dilaksanakan secara konsisten. Pemerintah Pusat jangan selalu bicara ini itu tapi kewenangan UU 21terus dipangkas, sehingga mungkin saja masuk tahun ke-25, UU 21 sudah tidak ada arti lagi.

 

“Mereka lebih banyak minta masukan kondisi terakhir Papua seperti apa dan kami katakan kondisinya baik. Namun akan terjadi sengketa dalam tahapan Pilkada dan kami minta Pemerintah Pusat serius. Jangan setelah terjadi konflik baru mereka datang dengan rombongan. Harus ada ruang dengan semua komponen yang ada di Papua. Komunikasi harus dibangun,” ujarnya.

 

Selain itu kata dia, pihaknya juga menyampaikan bagaimana sulitnya DPRP bertemu Pemerintah Pusat. “Tapi intinya kami minta UU 21 dilaksanakan konsisiten di Papua. kita lihat Otsus Aceh jalan namun di Papua tidak. Rakyat Papua tetap minta ruang dialog disitu kita tidak bicara NKRI harga mati atau Papua meredeka harga mati tapi bicara bagaimana agar UU 21 bisa dilakukan secara kosisten kalau sudah tidak sesuai kondisi Papua ya perlu direvisi kembali,” urainya.

 

Ditambahkan Yunus Wonda, memang tersekasan dunia internasional lebih perhatian terhadap Otsus Papua. Bukti setiap keduataan negara-negara luar datang ke Papua yang menjadi topik pertanyaan selalu mengenai pelaksaan Otsus. “Jadi pelaksanaan Otsus sedang diperhatikan dunia internasional. Jadi pemerintah pusat harus konsisten,” tandas Yunus Wonda. (Jubi/Arjuna)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Staf Wapres Temui DPRP