Minat Orang Papua Ke Museum Waena Berkurang

share on:
Kepala UPTD Museum Pusat Provinsi Papua, Yakomina Rumbiak (Jubi/Timo)

Jayapura (13/10) — Musem Pusat Provinsi Papua harus ditingkatkan agar menarik minat masyarakat asli Papua untuk berkunjung ke museum ini.

Pasalnya, minat orang Papua untuk melihat aset-aset sejarah yang disimpan di museum ini berkurang.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Museum Pustaka Loka Provinsi Papua, Yakomina Rumbiak mengatakan museum yang terletak di Expo Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura ini harus ditingkatkan. Sebab selama ini minat masyarakat asli Papua mulai berkurang.

“Di Museum ini tidak hanya meninggalkan sejarah orang Papua, tetapi juga peradaban orang Papua,  peristiwa yang terjadi di Papua dan bendera Sam Ratulangi yang dipenjarakan di Makassar  dan dibuang di Papua pada tahun 1947. Selain itu,  juga terdapat beberapa tugu,” kata Yakomina kepada wartawan usai pameran Seni dan Budaya di Museum ini, Selasa (13/11) siang.

Sebenarnya, kata dia, museum ini merupakan cermin bagi masyarakat Papua karena menyimpan benda-benda sejarah sehingga dapat membuka wawasan para pengunjung. Museum ini merupakan cermin bagi masyarakat Papua melalui revitalisasi yang diberikan oleh Presiden melalui Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata. Pihaknya ingin menyelamatkan aset sejarah dan budaya di sini dan berupaya menarik kembali minat warga untuk berkunjung. (Jubi/Timo Marten)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Minat Orang Papua Ke Museum Waena Berkurang