SMP Negeri 5 Entrop Jadi Tong Sampah

share on:
Sampah di belakang SMP Negeri 5 Entrop (Jubi/Musa)

Jayapura (12/11) — Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Entrop, Jayapura Selatan (Japsel), Papua, jadi tong sampah. Sekolah ini selalu jadi sasaran tumpukan sampah ketika datang hujan.

Kepala SMP Negeri 5 Entrop, Jayapura, Yosephin Septiana Wally mengaku, jika turun hujan, belakang sekolah yang dipimpinnya penuh sampah. Kebanyakan sampah rumah tangga. Menyusul sampah botol plastik dan kantong plastik. “Lebih dominan sampah kantong plastik dan botol vit,” kata Yosephin kepada tabloidjubi.com di Jayapura, Senin (12/11) sore.

Sampah-sampah tersebut masuk ke sekolah melalui dua selokan induk yang bermuara di bagian belakang sekolah. Sebenarnya, ujung selokan tersebut sudah dibendung dengan kawat agar sampah tertahan. Namun, bendungan rusak akibat banjir disertai kepadatan sampah.

Sejumlah sampah itu berasal dari ratusan rumah warga yang bermukim disebelah kiri-kanan sekolah. Pihak sekolah sudah berulang kali memperingati warga agar tak membuang sampah ke selokan. Namun, hingga kini mereka (warga) masih membuang sampah ke selokan. “Kami sudah berulang kali peringati. Tapi, kembali ke kesadaran dari mereka,” tuturnya.

Pantauan tabloidjubi.com, persis dibelakang sekolah itu, ada kolam alami yang didalamnya berisi sampah. Baik sampah rumah tangga maupun sampah plastik (limbah). (Jubi/Musa)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SMP Negeri 5 Entrop Jadi Tong Sampah