Kaukus Kaji Letak Ibukota Provinsi Papua Tengah

share on:
Ketua Kaukus Papua, Paskalis Kossay. (Jubi/Arjuna)

Jayapura (19/11)—Kaukus Papua di parlemen RI mengklaim pembentukan Provinsi Papua Tengah masih terkendala penentuan letak ibukota provinsi, apakah di Biak Numfor atau Timika. Hal ini dikhawatirkan bisa memicu konflik di masyarakat.

 

Ketua Kaukus Papua Paskalis Kossay mengatakan, perdebatan ibu kota provinsi tersebut bisa menimbulkan konflik di masyarakat Papua jika tak diatasi dengan baik. “Untuk pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kebijakan di Jakarta dan Papua guna mencari jalan solusi letak ibukota Provinsi Papua Tengah jika nanti jadi dimekarkan,” katanya, saat dihubungi, Selasa (19/11).

 

Menurut Paskalis, ini memang rawan karena ada sebagian masyarakat Papua menilai pemekaran Provinsi Papua Tengah bukan solusi, tapi itu bisa menciptakan konflik-konflik karena perdebatan soal letak ibukota provinsi . “Jadi memang ada gagasan pemekaran Provinsi Papua Tengah tapi gagasan ini masih diperdebatkan oleh kalangan orang Papua sendiri dan ini perlu kita luruskan. Kita samakan persepsi disini,” katanya.

 

Sebelumnya, Kaukus Papua mengusulkan Kabupaten Grimenawa dan Provinsi Papua Tengah layak untuk dimekarkan dari 38 aspirasi pemekaran daerah otonom baru di Papua dan Papua Barat. (Jubi/Arjuna)

Editor : Cunding Levi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kaukus Kaji Letak Ibukota Provinsi Papua Tengah