Pembangunan Kantor BPS Papua Senilai Rp20 Miliar Lebih

share on:
KEPALA BPS RI Dr. SURYAMIN

Jayapura (19/11)—Pembangunan gedung Kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Papua di Jalan Dr. Sam Ratulangi, Dok II, Kota Jayapura, Papua senilai Rp20,6 miliar. Dimana anggaran tersebut berasal dari DIPA BPS Tahun 2012.

 

“Pembangunan gedung kantor berlantai enam ini merupakan bagian dari program revitalisasi gedung Kantor BPS di seluruh Indonesia,” kata Kepala BPS RI Dr. Suryamin kepada wartawan usai melakukan peletakan batu pertama di lokasi pembangunan gedung Kantor BPS Papua, di Kota Jayapura, Papua, Senin (19/11).

 

Menurut Suryamin, dengan adanya revitalisasi gedung Kantor BPS Papua, diharapkan dapat mengubah wajah BPS seperti diharapkan dalam reformasi birokrasi. “Saya menargetkan dalam lima tahun ke depan, wajah BPS menjadi semakin baik, melalui program revitalisasi yang bersumber dari APBN. Pembangunan gedung kantor di seluruh Indonesia diharapkan dapat menghadirkan suasana kerja yang lebih nyaman guna mendukung terwujudnya data statistik berkualitas dan terpercaya,” ujarnya.

 

Suryamin menilai, revitalisasi gedung kantor BPS secara keseluruhan akan mampu mengangkat citra, dan kewibawaan lembaga. Setelah seluruh fisik gedungnya direvitalisasi, maka tugas besar selanjutnya adalah bagaimana merevivitalisasi SDM dalam rangka mendukung upaya meningkatkan kredibilitas data statistik yang dihasilkan.

 

“Sehingga harus ada perubahan perilaku dari aparatur BPS seiring dengan hadirnya gedung baru ini. Tuntutan untuk menghasilkan data statistik terpercaya sudah menjadi visi kita bersama, seiring dengan reformasi birokrasi yang sedang giat-giatnya kita lakukan,” katanya.

 

Suryamin berharap, dengan adanya gedung baru akan menjadi “smile intelligent building” yang dilengkapi dengan “internet broadband”, sehingga memudahkan wartawan dalam mengakses informasi dalam konferensi pers.

 

“Kantor baru BPS Papua, akan dibangun dengan enam lantai (tiga lantai di atas titik nol dan tiga lantai di bawah titik nol). Juga akan dilengkapi dengan pengaman “smart card”, atau pintu otomatis, sehingga terjamin keamanannya, karena mereka yang tidak memiliki kode akses tidak dapat masuk ke dalam ruangan. Selain itu, gedung baru juga akan menjadi bangunan dengan “intelligent building”, untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan data BPS,” jelasnya.

 

Selain pembangunan gedung kantor BPS Papua, BPS RI juga mengalokasikan dana sekitar Rp2-3 miliar untuk pembangunan gedung kantor BPS kabupaten/kota di Papua. “Selasa (20/11) besok, saya akan melakukan kunjungan kerja ke Timika dalam rangka peresmian gedung kantor BPS Kabupaten Mimika. Bersamaan dengan itu, juga akan meresmikan kantor BPS Kabupaten Tolikara dan Kepulauan Yapen,” katanya.

 

Pembangunan gedung seluas 2.300 meter persegi ini akan dilengkapi dengan CCTV, di setiap lantainya, dan akan dibuat ornamen khas Papua pada sisi depan. (Jubi/Alex)

Editor : Cunding Levi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pembangunan Kantor BPS Papua Senilai Rp20 Miliar Lebih