Puluhan Mahasiswa Boven Digoel Dipengungsian

share on:
Marthinus Wembob (Jubi/Musa)

Jayapura, (19/11)Puluhan mahasiswa asal Kabupaten Boven Digoel, Papua, masih berada di pengungsian. Hingga kini nasibnya masih terkatung-katung, karena belum mendapat tempat tinggal tetap. Akibatnya proses studi mereka terganggu.

 

Martinus Wembob mengatakan, mahaiswa asal Boven Digoel, sampai saat ini rekan-rekannya masih dipengungsian. Sebagian dari mereka (mahasiswa) masih menetap bersama keluarganya. Lainnya lagi memilih bertahan bersama rekannya di kos-kosan. Sebagian lagi, tinggal di sebuah rumah yang dikontrak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boven Digoel untuk dijadikan sekretariat mahasiswa.

 

“Sebagian besar teman-teman mahasiswa Boven Digoel masih di pengungsian. Sebagian masih tinggal dengan keluarga. Lainnya lagi pilih tinggal bersama temanya dirumah kos,” kata Martinus kepada tabloidjubi.com di Abepura, Senin (19/11). Menurut dia, Pemkab Boven Digoel berencana menyewa sebuah rumah untuk menampung mereka (mahasiswa) yang tinggal di Sekretariat mahasiswa.

 

“Bagi saya, solusi pencarian rumah kontrak tidak tepat. Karena mereka yang tinggal di Sekretariat berjumlah delapan orang,” tuturnya. Lanjut dia, pemerintah dinilai tidak memihak jika bertindak mengontrak rumah. Pasalnya, sebagian mahasiswa lainnya yang tinggal bersama keluarga dan rekanya di kos-kosan tak mendapat bagian.

 

Sebelumnya, pada tanggal 2 November 2012 lalu, puluhan mahasiswa Merauke yang menuntut ilmu di Jayapura, menyegel Asrama Maro milik Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Merauke, Papua. Pemalangan ini dikarenakan pembagian studi akhir yang tidak jelas.

 

Kala itu, ketua Ikatan Mahasiswa Merauke (IKMAMER), Diana Gebze mengatakan, pembagian beasiswa ditangani ikatan mahasiswa Bovendigoel, namun tidak jelas. Asrama tersebut jadi sasaran karena banyak dihuni mahasiswa asal Bovendigoel. Tak hanya pemalangan, IKMAMER mengusir puluhan mahasiswa Boven Digoel yang tinggal di Asrama Maro di Padang Bulan II, Kota Jayapura. (Jubi/Musa)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Puluhan Mahasiswa Boven Digoel Dipengungsian