James Modouw: “Tugas Disdikpora Melakukan Pembinaan”

share on:
KEPALA DISDIKPORA PAPUA, JAMES MODOUW

Jayapura (20/11)—Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga  (Disdikpora) Provinsi Papua , James Modouw mengatakan, tugas dari dinas yang dipimpinnya hanyalah melakukan pembinaan, bukan prestasi.

 

“Yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga saat ini adalah melakukan pembinaan, bukan prestasi. Karena pembinaan prestasi itu ada pada KONI Papua,” kata James Modouw ke wartawan, di Jayapura, Selasa (20/11) menjawab Adanya wacana dari beberapa pemerhati olahraga di Papua yang meminta Pemprov Papua segera membentuk kembali Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

 

James menilai, pemikiran untuk membentuk kembali Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) itu sangat betul. Tetapi, pada prinsipnya tupoksi-tupoksi kerja yang dulu ada di Dispora sudah kita jabarkan semua dalam beberapa struktur.

 

“Pembinaan prestasi itu ada pada KONI Papua, dan olahraga Papua saat ini sangat menurun, dan bukan saja Papua, prestasi Indonesia pun juga menurun. Hal itu disebabkan penanganan olahraga yang tidak tepat dilakukan. Dimana, pembinaan olahraga di Papua saat ini tidak berjalan baik, baik di tingkat provinsi, maupun kabupaten/kota,” kata James.

 

Menurut James, pihaknya sudah melakukan evaluasi mengapa prestasi Papua di dua pelaksanaan PON menurun. Hal itu karena tidak ada pembinaan yang tepat sasaran. “Apakah masalah pembinaan ini pemerintah juga harus turun tangan?” katanya dengan nada tanya.

 

James menegaskan, pembentukan kembali Dispora di Papua penting, tapi mengapa pemerintah harus menggabungkan Dispora dengan Dinas Pendidikan, karena olahraga itu lewat sekolah, dan pemerintah juga tidak ingin ada organisasi lain yang atur-atur sekolah, itu akan membuat pendidikan semakin kacau.

 

“Tugas pemerintah adalah menyediakan anggaran, selebihnya ada KONI dan cabor-cabor yang harus melakukan pembinaan, tetapi yang perlu dilakukan saat ini di Papua adalah, disiplin dalam melakukan pembinaan, karena itulah masalah konkrit yang saat ini terjadi di Papua,” tegas James. (Jubi/Alex)

Editor : Cunding Levi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  James Modouw: “Tugas Disdikpora Melakukan Pembinaan”