Pemprov Papua Terus Berupaya Tingkatkan PAD

share on:
PEMILIHAN DUTA PAJAK 2012

Jayapura (22/11) — Penjabat Gubernur Provinsi Papua Constant Karma mengatakan, pemerintah melalui Dinas Pendapatan Daerah terus berupaya meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah (PAD) melalui kebijakan ekstensifikasi dan intensifikasi pendapatan daerah.

“Beberapa upaya dalam rangka intensifikasi pemungutan pajak daerah yang telah dilaksanakan adalah kegiatan sosialisasi perpajakan, disamping kegiatan lainnya seperti perbaikan regulasi perpajakan dan implementasi Samsat On Line,” Kata Constan Karma dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Sekda Provisi Papua Elia Loupatty saat membuka acara pemilihan duta pajak Papua 2012, di GOR Cenderawasih Jayapura. Kamis (22/11).

Selain itu, ujar Gubernur, beberapa upaya yang dilakukan pemerintah provinsi adalah pengoperasian mobil samsat keliling dan pembukaan kantor Samsat Yahukimo dan Supiori, sehingga secara keseluruhan sudah terdapat 17 kantor Samsat di Papua.

“Pemilihan duta pajak Papua ini merupakan salah satu terobosan dalam upaya mengintensifkan penerimaan pajak daerah. Dimana duta pajak mempunyai tugas mendampingi Dispenda sosialisasikan perpajakan dimana saja, tetapi sehari-harinya akan stand by di Samsat Jayapura untuk memberikan penjelasan kepada setiap wajib pajak yang datang,” jelasnya.

Gubernur berharap, penyelenggaraan duta pajak Papua bisa menjadi ajang sosialisasi pajak daerah khususnya pajak kendaraan bermotor bagi para pelajar dan mahasiswa serta masyarakat. Selain itu, diharapkan dapat memberikan pemahaman akan pentingnya pajak kendaraan bermotor bagi pembangunan di Papua kepada pelajar dan mahasiswa. “Mengingat sebagian besar wajib pajak kendaraan bermotor adalah para remaja dan pemuda yang mencapai kurang lebih 70 persen dari total wajib pajak,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Papua Yanuarius Resubun mengatakan, pihaknya menyadari bahwa pengembangan sumber daya manusia Papua bukan hanya menjadi tanggung jawab institusi atau orang tertentu saja tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak yang peduli terhadap pengembangan sumber daya manusia Papua.

“Tujuan kegiatan ini adalah sebagai ajang sosialisasi pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor dalam rangka optimalisasi pemungutan pajak daerah,” jelasnya.

Kegiatan ini juga untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman pentingnya pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor bagi pembangunan di Papua bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya dan menjadi pelajar dan mahasiswa sebagai duta atau perwakilan untuk meneruskan informasi yang benar tentang pajak daerah.

“Turut meningkatkan pengetahuan pelajar di bidang Iptek dan sosial budaya di provinsi Papua,” katanya. (Jubi/Alex)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Papua Terus Berupaya Tingkatkan PAD