Pengurus Pewarta Foto Mimika Siap Dikukuhkan

share on:
Undangan Pameran Foto Jurnalis Timika (Jubi/Eveerth)

Mimika (23/11)—Melihat berbagai dinamika dan perkembangan yang terbuka terhadap era informasi dan teknologi, maka pewarta foto Kabupaten Mimika, Papua, yang merupakan organisasi gabungan para wartawan di kota ini, siap terbentuk dan akan dikukuhkan pada Sabtu (24/11) besok.

Hal ini disampaikan oleh Husyen Abdila, salah satu wartawan senior di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, ke tabloidjubi.com, sekaligus menjelaskan keberadaan komunitas pewarta foto yang terdiri dari wartawan yang berada di Kota Timika.

“Pengukuhan pengurus Pewarta Foto Indonesia – Mimika bersamaan dengan acara Penganugerahan bagi pemenang Lomba Foto Jurnalis dan Citizen Jurnalis serta Pameran foto pada Hari Sabtu, 24 November 2012, pukul 18.00 wit di Aula Hotel Timika Raya, Timika, Kabupaten Mimika, Papua,” kata Husyen,  di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (23/11).

Dirinya menjelaskan, terbentuknya pewarta foto juga didasarkan dari berbagai perkembangan dan tuntutan untuk menampilkan foto dan gambar-gambar terbaik yang bisa menunjukkan kebudayaan, masalah sosial dan bidang lainnya sebagai bagian dari informasi pembangunan untuk dinikmati masyarakat. “Juga berangkat dari keberadaan Panitia Lomba Jurnalis dan Citizen Jurnalis akan menggelar acara Penganugerahan bagi pemenang Lomba Foto Jurnalis dan Citizen Jurnalis serta Pameran foto,” ucap Opa, panggilan akrab Husyen.

Hal ini dibenarkan, Muhamad Yamin, selaku Ketua Pewarta Indonesia – Mimika, mengatakan, dikukuhkannya Pewarta Foto Mimika, karena kebutuhan yang ada dan sudah siap terbentuk. “Saat ini sudah ada 15 wartawan yang tergabung dalam pewarta foto, dalam hal ini para jurnalis yang bersatu membentuk wadah ini, sedangkan pengukuhannya akan dilakukan oleh pengurus pusat pewarta foto Indonesia,” katanya.

Sedangkan, Ketua Panitia Lomba Foto Jurnalis, Speady Paerang menjelaskan, untuk lomba yang digelar telah diumumkan jauh hari sebelumnya, namun sudah tertutup ada tanggal 20 November, yang mana diambil 20 foto terbaik untuk nantinya di pamerkan melalui pameran. “Pembukaan Pameran yang akan berlansung, akan dibuka Bupati/perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, namun pagi harinya akan diisi dengan kegiatan workshop tentang fotografer,” tutur Speady, yang juga wartawan Radio Bumi Mimika.

Dari lomba foto tersebut, menurut keterangan panitia, umumnya menampilkan foto-foto pembangunan dan keberhasilan yang dicapai dalam pembangunan serta foto-foto lingkungan dan pendidikan khususnya di wilayah Mimika, sementara untuk juara pertama menerima hadiah uang tunai Rp 5 juta, juara dua Rp 3 juta, dan juara tiga Rp 2 juta.

Dari informasi yang diterima, lomba Foto Jurnalis tahun 2012 di dukung oleh Freeport Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Mimika, sedangkan keberadaan panitia ditangani sepenuhnya oleh gabungan wartawan baik media nasional dan lokal yang ada di Kota Timika.

Timika sendiri sebagai kota emas, kini telah beredar beberapa media harian, Radar Timika, Salam Papua, Timika Ekspress, Radio Bumi Mimika, Radio Publik Mimika dan sejumlah media nasional dengan kontributornya. (Jubi/Eveerth Joumilena)

Editor : Cunding Levi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pengurus Pewarta Foto Mimika Siap Dikukuhkan