Ada Perekaman E-KTP Ganda di Kota Jayapura

share on:
Yan Piet Rawar. (Jubi/Arjuna)

Jayapura (2/12) — Dinas Kependudukan dan Tenaga Kerja Papua  mengklaim masih terjadi perekaman E-KTP ganda di Kota Jayapura. Kepala Dinas Kependudukan dan Tenaga Kerja Provinsi Papua, Yan Piet Rawar mengatakan, ada lebih dari 100 orang yang melakukan perekaman E-KTP ganda pada tempat yang berbeda di wilayah Kota Jayapura.

“Memang ada temuan perekaman E-KTP ganda di wilayah Kota Jayapura. Jika memang nantinya terbukti bersalah 100-an orang itu akan dilaporkan kepada polisi karena melakukan pelanggaran hukum. Mungkin motifnya mau coba-coba atau mungkin juga ada motif lain,” kata Yan Piet Rawar, Senin (3/12).

Menurutnya, berdasarkan keputusan dari Mentri Dalam Negeri (Mendagri) dan sesuai Undang-Undang, barang siapa yang melakukan pelanggaran perekaman atau dengan sengaja melakukan perekaman ganda akan diadakan penyelidikan.

“Jadi sesuai dengan undang-undang itu mereka yang melakukan perekaman pelanggaran, akan diadakan penyelidikan guna mengetahui motifnya apa. Kalau mengarah ke hal-hal pelangaran hukum, maka tentu saja dia bisa hukum,” tegasnya.

Dikatakannya, pihaknya tak dapat melakukan perekaman E-KTP 100% hingga akhir tahun ini sesuai dengan batas waktu dari Kementerian Dalam Negeri. Salah satunya penyebabnya karena masalah geografis.

“Selain itu pengetahuan masyarakat di Papua akan pentingnya E-KTP masih minim. Saat ini baru ada 4 kota/kabupaten yang pelaksanaan E-KTP mencapai 100% diantaranya di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika. Sementara sisa 25 kabupaten baru mencapai 20%,” tandas Yan Piet Rawar. (Jubi/Arjuna) 

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ada Perekaman E-KTP Ganda di Kota Jayapura