Polsek Pirime Diserang Karena Kurang Anggota

share on:
Humas Polda Papua, I Gede Sumerta Jaya. (Jubi/Arjuna)

Jayapura (3/12) — Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengaku salah satu penyebab Kepolisian Sektor (Polsek) Distrik Pirime Kabupaten Lanny Jaya, Papua bisa diserang dan dibakar kelompok bersenjata, karena kurangnya personil yang bertugas didaerah itu.

Juru bicara Polda Papua, AKBP I Gede Sumerta Jaya menuturkan saat ini anggota yang bertugas di Polsek Pirime hanya delapan orang. Saat polsek diserang, hanya ada empat orang yang bertugas.

“Anggota yang lainnya saat itu sedang lepas dinas. Harusnya untuk  Polsek seperti di Pirime itu, minimal 21 orang anggota yang bertugas di sana,” kata I Gede Sumerta Jaya, Minggu malam (2/12).

Menurutnya, jika dikatakan kekurang personil, hal itu memang terjadi di Polsek Pirime. Padahal kondisi daerah di wilayah itu cukup sulit dan rawan. “Kekurangan anggota jelas. Sementara daerahnya, daerah sulit dan daerah rawan,” singkatnya.

Sebelumnya, , Selasa (27/11) sekitar pukul 06.00 WIT, Polsek Pirime diserang ebih dari 50 orang. Akibat serangan ini, kantor polisi tersebut dibakar. Akibat serang itu Kapolsek Pirime, Ipda Rolfi Takubesi bersama dua anggotanya Brigpol Jefri Rumkoren dan Briptu Daniel Makuker tewas karena tembakan.

Beberapa hari pasca penyerang itu, seseorang yang mengaku Puron Okiman Wenda, Panglima Tinggi OPM Papua Barat untuk wilayah Pegunungan menghubungi tabloidjubi.com mengklaim pihaknyalah yang melakukan penyerangan itu.

“Penyerang yang terjadi hari Selasa (27/11) di Distrik Pirime itu dari TPN/OPM asli dibawah pimpinan Puron Okiman Wenda panglima Tinggi OPM Papua Barat untuk wilayah Pegunungan Tengah. Jam 06.00 WIT. Kami kepung Distrik Pirime. Kami menembak anggota polisi yang ada di Polsek termasuk kapolsek kami tembak jadi bukan dibakar,” tutur orang yang mengaku Puron Okiman Wenda saat menghubungi tabloidjubi.com, Jumat (30/11).

Ia menjelaskan, tidak ada perlawanan dari anggota polisi yang ada di Polsek karena pihaknya langsung mengepung lokasi. “Ada yang masuk kebawah tempat tidur. Ada satu anggota yang sementara menaikkan bendera sekitar 06.30 yakni Jefri Rumkorem dan kami tembak juga,” tandas orang yang mengaku Puron Okiman Wenda. (Jubi/Arjuna)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polsek Pirime Diserang Karena Kurang Anggota