DKP Papua Gelar Pelatihan Transplantasi Terumbu Karang

share on:
KADIS KELAUTAN dan PERIKANAN PAPUA, ASTILER MAHARADJA

Jayapura (4/12) —Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, menggelar pelatihan dan praktek transplantasi terumbu karang yang melibatkan masyarakat pesisir pantai, jurnalis, dan pegawai dinas kelautan dan perikanan kabupaten/kota.

 

Kegiatan pelatihan transplantasi yang berlangsung mulai 4 sampai dengan 8 Desember 2012 ini, merupakan salah satu upaya konservasi untuk menumbuhkan kembali komunitas terumbu karang yang rusak dengan maksud tujuan ekosistem yang rusak tersebut dapat pulih kembali.

 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Astiler Maharadja kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (4/12), mengatakan, upaya untuk perbaikan ekosistem terumbu karang secara khusus, memerlukan sumberdaya manusia yang terampil dan responsif juga partisipasif pada kondisi lingkungan sekitarnya.

 

“Sangat disayangkan, hingga saat ini kondisi terumbu karang di pesisir Kota Jayapura khususnya di perairan Teluk Youtefa sebagian telah rusak. Kerusakan terumbu karang ini diakibatkan oleh adanya oknum masyarakat yang melakukan kegiatan destructive fishing dan pengambilan karang,” katanya.

 

Menanggapi itu, Astiler menghimbau seluruh masyarakat Kota Jayapura, terutama yang berdomisili di pesisir pantai, untuk menjaga lingkungan dan melestarikan ekosistem terumbu karang kita yang sudah hampir punah ini untuk keberlangsungan hidup anak cucu.

 

“Pada prinsipnya tujuan dari kegiatan pelatihan dan praktek transplantasi karang ini adalah untuk mengenalkan, mengajarkan kepada peserta tentang bagaimana cara merehabilitasi terumbu karang yang rusak, maupun untuk tujuan ekonomis lainnya,” jelasnya.

 

Dijelaskannya, transplantasi terumbu karang dalam istilah lain berarti budi daya karang, yang diaplikasikan pada metode perbanyakan karang melalui stek lalu ditempatkan pada substrat buatan yang ditempatkan di atas meja-meja transplant. “Koloni barang baru dengan metode fragmentasi, dimana benih karang diambil dari suatu induk koloni tertentu,” katanya. (Jubi/Alex)

Editor : Cunding Levi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DKP Papua Gelar Pelatihan Transplantasi Terumbu Karang