Papua dan Papua Barat Dapat Bantuan Bus

share on:
Ilustrasi bus Damri

Jayapura (11/12)—Provinsi Papua dan Papua Barat mendapat bantuan 20 unit bus dari Dirjen Kementerian Perhubungan Darat RI. Dimana bantuan itu guna memberikan pelayanan publik yang memadai dan juga mengurangi keterisolirnya suatu wilayah di seluruh Indonesia.

“Bantuan bus untuk Provinsi Papua sebanyak 10 unit, dan Provinsi Papua Barat sebanyak 10 unit juga. Jadi jumlah keseluruhan bus dari Dirjen Kemenhub Darat RI untuk provinsi paling timur di Indonesia ini adalah 20 unit,” kata Kepala Perum Damri Wilayah IV Jayapura-Papua, Muh. Ali saat ditemui wartawan diruang kerjanya, di Kantor Perum Damri Jayapura, Selasa (11/12)

Dia menjelaskan, bantuan bus yang akan di berikan untuk Papua dan Papua Barat diantaranya Kabupaten Sorong (Papua Barat), Kabupaten Biak (Papua), Kabupaten Nabire (Papua) dan daerah lain yang berada dalam wilayah IV. “Jadi, pemberian bantuan bus ini sebagai bentuk memenuhi pelayanan publik, yakni dengan menyambangi rute-rute terpencil yang keberadaannya sangat sulit di jangkau oleh angkutan umum lainnya,” jelasnya.

Menurut dia, memang sampai dengan saat ini untuk bus perintis tersebut belum memadai. Tetapi dengan adanya pemberian bus ini kita berharap dapat menunjang kegiatan pembangunan perekonomian warga yang keberadaannya masih terisolir, seperti masyarakat yang berada di daerah pedalaman Provinsi Papua maupun Papua Barat, yang mana khususnya bus perintis ini yang langsung akan di tujukan kepada rute masing–masing.

“Jadi, pada daerah-daerah yang sulit di jangkau seperti Kabupaten Sarmi, Depapre, Taja dan sekitarnya, untuk mempercepat kegiatan pembangunan perekonomian bagi masyarakat terisolir maka kami akan berikan bantuan bus pada tahun ini, dimana alat transportasi bus ini sudah siap kami operasikan dan di khususkan untuk angkutan perintis saja,” katanya. (Jubi/Alex)

Editor : Cunding Levi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Papua dan Papua Barat Dapat Bantuan Bus