Kabupaten Nduga, IPM Terendah di Papua

share on:
Kepala Bappeda Kabupaten Nduga, Papua, Yakobus Wandikbo (Jubi/Timo)

Wamena (12/12) — Kepala Bappeda Kabupaten Nduga, Papua, Yakobus Wandikbo mengatakan, Indeks Prestasi Manusia (IPM) terendah di Papua ada di kabupaten Nduga. Selain itu, Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) juga paling mahal di wilayah Pegunungan Papua karena transportasi serba pesawat.

“IPM terendah di Papua, urutan 64. IKK yang termahal di Pegunungan, kemahalan konstruksi, karena semua serba pesawat,” kata Yakobus kepada wartawan di sela-sela seminar bertajuk ‘Penyusunan Nduga dalam angka, IPM, IKK dan PDRB Tahun Anggaran 2012’ di aula hotel Baliem Pilamo, Wamena, Papua, Rabu (12/12).

Seminar yang menghadirkan pemateri Tim Ahli BPS Jawawijaya dan BPS Provinsi Papua ini diikuti sedikitnya 70 peserta, yaitu, peserta SKPD kabupaten Nduga, para kepala distrik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan.

Plt Sekda Kabupaten Nduga, Ramses Tambunan mengatakan, seminar ini sangat strategis, karena, selain menghimpun data-data yang ada di kabupaten itu, pihaknya juga membuat suatu perencanaan terpadu dan terarah.

“Kita akan menghimpun, membuat suatu perencanaan yang terarah dan terpadu sehingga apa pun yang direncakan sudah melalui suatu perencanaan yang matang dengan kesepakatan hari ini,” kata Ramses.

“Data yang dihasilkan BPS merupakan data yang akurat, terkini, relevan dan dapat di dipercaya semua pihak,” kata bupati kabupaten Nduga Yairus Gwijangge dalam sambutannya. (Jubi/Timo Marten)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kabupaten Nduga, IPM Terendah di Papua