Transmigrasi Menciptakan 382 Distrik dan 103 Kabupaten/Kota

share on:
Yan Piet Rawar. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, (12/12) – —Program Transmigrasi di Indonesia yang telah berlangsung selama 62 tahun, adalah sebuah perjalanan panjang yang telah terbukti mampu memberikan kontribusi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Negara kepulauan dengan adat istiadat dan budaya yang heterogen memerlukan alat pemersatu sebagai perwujudan dari salah satu pilar berbangsa dan bernegara yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan (Disnakerduk) Provinsi Papua, Drs. Yan Piet Rawar, Rabu, (12/12) saat membacakan sambutan tertulis Menteri  Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Drs, H.A. Muhaimin Iskandar, M.Si pada hari Bhakti Transmigrasi yang ke 62 yang jatuh tanggal 12 Desember 2012. Dia mengakui 62 tahun program transmigrasi secara faktual telah mampu memberikan kontribusi cukup besar bagi Indonesia.
“Kontribusi tersebut antara lain terbentuknya pusat-pusat pemerintahan baru berupa 382 kecamatan dan 103 kabupaten/kota yang berasal dari kawasan permukiman transmigrasi,” ungkap Rawar saat membacakan sambutan Menteri.

Disamping keberhasilan tersebut, memang masih terdapat kawasan transmigrasi yang berproses menuju keberhasilan. Kawasan transmigrasi seperti ini masih memerlukan penanganan permasalahan di lapangan antara lain masalah kekurangan lahan dan fasilitas umum, kesesuaian kualifikasi transmigran dengan kawasan transmigrasi, integrasi transmigran dengan penduduk sekitar, aksesibilitas dan interkonektivitas kawasan, pemasaran dan lain-lain.

Sebagaimana peringatan hari bakti transmigrasi yang ke 62 di lingkungan Disnakerduk Provinsi Papua dilangsungkan di halaman kantor Disnakerduk Provinsi papua, Tanjung Ria Base G Jayapura Utara dengan sorotan tema “Revitalisasi Penyelenggaraan Transmigrasi Dalam Menciptakan Lapangan Kerja dan Kemandirian Masyarakat.” Upacara hari bakti tersebut dihadiri pejabat eselon III dan IV beserta seluruh staf di lingkungan Disnakerduk Provinsi Papua. (Jubi/Roberth Wanggai)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Transmigrasi  Menciptakan 382 Distrik dan 103 Kabupaten/Kota