Tiga Pasangan Balon Gubernur Papua Tak Memenuhi Syarat

share on:
KETUA KPU PAPUA, BENNY SWENY

Jayapura (13/12)—Dari hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, yang membahas tentang penelitian tahap I maupun tahap II dari berkas sembilan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua, tiga pasangan bakal calon (Balon) gubernur daerah setempat dinyatakan tak memenuhi syarat. Sementara enam pasangan lainnya dinyatakan memenuhi syarat.

“Dari hasil pleno KPU telah menetapkan ada enam pasangan calon yang memenuhi syarat dan tiga pasangan yang tak memenuhi syarat,” kata Ketua KPU Provinsi Papua Benny Sweny ke wartawan, usai melangsungkan pleno tertutup di Kantor KPU Papua-Jayapura, Kamis (13/12) malam.

Benny menjelaskan, enam pasangan bakal calon yang kemudian menjadi calon yang memenuhi syarat, yaitu Lukas Enembe-Klemen Tinal, Habel Melkias Suwae-Yop Kogoya, Menase Robert Kambu-Blasius Adolf Pakage, Alex Hesegem-Marthen Kayoi, Welington Wenda-Weynand Watori, dan Noakh Nawipa-Johanes Wob. Sedangkan tiga pasangan yang tak memenuhi syarat, yakni Barnabas Suebu-John Tabo, Yan Pieter Yembise- Hemskercke Bonay, dan John Janes Karubaba-Willy Bradus Magay.

“Ada data-data baru yang dimasukan ke KPU, sehingga ada beberapa partai politik, kemudian dari data yang baru kita melakukan penelitian tahap dua, kemudian akhirnya memenuhi syarat. Antara lain untuk PPDI dan PIS,” jelasnya.

Sehingga dengan adanya hasil ini, kata Benny, tahap selanjutnya adalah pada Jumat (14/12) besok, KPU akan melakukan pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan gubernur dan Sabtu (15/12) KPU akan melakukan pengundian nomor urut.

Sementara Bagi yang tidak lolos, Ketua KPU menilai, apa yang sudah dilakukan KPU sudah maksimal dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Apabila ada pasangan yang kurang puas akan keputusan ini ada jalur hukum dan KPU akan menerima dengan senang hati untuk menjelaskan proses yang sudah dilakukan,” katanya. (Jubi/Alex)

Editor : Cunding Levi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tiga Pasangan Balon Gubernur Papua Tak Memenuhi Syarat