Pilgub Papua Bakal Ditunda?

share on:
Ketua Koalisi Papua Baru Amir Mahmud Madubun (Jubi/Timo)

Jayapura (17/12)—Pemilihan gubernur (Pilgub) Provinsi Papua yang sedianya diselenggarakan pada 29 Januari 2013, bakal ditunda.

Sebab Ketua Koalisi Papua Baru yang mengusung pasangan Barnabas Suebu dan Jhon Tabo, Amir Mahmud Madubun mengatakan, pihaknya akan menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua dan meminta Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) menghentikan proses Pilgub Papua.

“Kita dari koalisi BasJon akan gugat itu. Dan kita akan minta PTUN hentikan seluruh proses yang ada di KPUD. Kami akan minta maaf kepada seluruh rakyat Papua karena terpaksa pilkada ini akan tertunda,” kata Ketua Koalisi Papua Baru, Amir Mahmud Madubun ke wartawan di Waena, Kota Jayapura, Papua, Senin (17/12).

Keputusan KPU Papua, nomor 466/P/SET-KPU/XII/2012 tertanggal 13 Desember 2012 memutuskan pasangan Bas-jon tidak lolos dalam verifikasi karena tidak mencapai 15 persen dukungan partai. Menurut catatan pasangan Bas-Jon, mereka didukung oleh Partai PBR, Partai Kedaulatan, PPRN, PPPI, PAN, dan PNI- Marhaenis yang telah memiliki lebih dari 15 persen.

Menurut Amir Mahmud Madubun gugatan pihaknya demi menegakkan keadilan, kebenaran dan menjunjung tinggi konstitusi. “Tetapi ini kami lakukan untuk menegakkan keadilan dan kebenaran, menjunjung tinggi konstitusi dan peraturan perundang-undangan. Inti gugatan kami adalah menghentikan seluruh proses,” kata Amir lagi. (Jubi/Timo Marten)

Editor : Cunding Levi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pilgub Papua Bakal Ditunda?