21 Kabupaten Penuhi Syarat Pembentukan DOB

share on:
Wakil Ketua Komisi A, Yanni. (Doc.Jubi)

Jayapura,  (18/12) — Dari 30 aspirasi rencana pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) yang masuk ke Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) ada 21 yang dianggap layak dan telah memenuhi syarat untuk menjadi daerah pemekaran kabupaten dan kota di Papua. Sedangkan sembilan lainnya tak memenuhi syarat.

Dalam tanggapan komisi pada sidang paripurna pembahasan Raperdasi/Raperdasus DPRP, Selasa (18/12), Wakil Ketua Komisi A, Yanni memaparkan 21 rencana pembentukan kabupaten/kota yang dianggap memenuhi syarat tersebut antar lain, Kabupaten Grimenawa, Ketengban, Yahukimo Timur, Yahukimo Barat, Yahukimo Utara, Yahukimo Barat Daya, Mamberamo Hulu, Admi Korbai, Muara Digoel, Puncak Trikora, Mimika Timur, Mimika Barat,Ghundumi Sisare, Pulau Numfor, Yemo, Lembah Baliem, Kembu, Napa Swandiwe, Baliem Center, Okikha dan Kota Merauke.

“Berdasarkan data DPR RI dan DPD RI, Kementerian Dalam Negeri  RI dan Komisi A tentang pembentukan Daerah Otonom Baru, kabupaten tersebut yang kami anggap layak dan memenuhi syarat. Untuk itu Komisi A meminta gubernur lebih serius memperhatikan dan memperjuangkan realisasi pembentukan Daerah Otonom Baru baik yang dalama proses pengusulan di provinsi maupun yang sudah diajukan ke DPR RI, DPR RI dan Depdagri,” kata Yanni, Selasa (18/12).

Menurutnya, untuk mengakursikan data usulan pembentukan kabupaten baru, DPRP telah dua kali menyurati Gubernur Papua guna mengkonfirmasi data usulan pembentukan DOB, namun hingga kini gubernur belum memberikan tanggapan. Untuk itu Komisi A meminta penjelasan gubernur tentang data, perkembangan dan progress pembentukan DOB baik yang baru disulkan di tingkat provinsi, maupun yang sudah diajukan ke pemerinyah pusat.

“Komisi A berpendapat, kendatipun ada kebijakan moratorium pemekaran DOB yang dikeluarkan pemerintah pusat, namun dalam moratorium tersebut Papua tergolong wilayah strategis yang dapat dikecualikan. Sehingga kebijakan moratorium tidak boleh menghambat pembantukan DOB yang benar-benar dibutuhkan dan memenuhi syarat,” ujarnya.

Yanni menambahkan, berdasarkan data yang ada, maka kabupaten yang belum memenuhi syarat ada sembilan kabupaten yakni Kabupaten Muyu Mandobo(Muman)  dengan Kabupaten Induk Boven Digoel, Kimam dengan Kabupaten Induk Merauke, Yapen Timur dan Yapen Utara dengan Kabupeten Induk Yapen, Wanui dan Bogoga serta Baliem Tengah dengan Kabupaten Induk Tolikara, Deponowai dengan  Kabupaten Induk Jayapura serta Lembah Roufaier dengan Kabupaten Induk Waropen. (Jubi/Arjuna) 

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  21 Kabupaten Penuhi Syarat Pembentukan DOB