Di Papua, Dana APBD 2012 Baru Terserap 82,12 Persen

share on:
Kepala Badan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Papua, Benny Arisoy (Jubi/Levi)

Jayapura (19/12)—Hingga memasuki minggu kedua Desember 2012, serapan dana APBD 2012 Provinsi Papua baru mencapai 82,12 persen. “Sehingga diharapkan pada akhir anggaran, tanggal 31 Desember 2012 sudah bisa mencapai 99 persen,” kata Kepala Badan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Papua, Benny Arisoy, saat ditemui di Kantor DPR Papua, Rabu (19/12).

Menurut Arisoy, penyerapan dana di pemerintah daerah Papua tergantung dari SKPD dan pemeritah kabupaten/kota sebagai pengguna anggaran. “Jika pelaksaan pekerjaan di setiap SKPD berjalan dengan baik, tentunya akan perpengaruh terhadap penyerapandana. Kita masih tunggu laporan dari masing-masing SKPD selaku pengguna anggaran,” katanya.

Arisoy yang belum lama ini menggantikan Ahmad Hatari mengatakan, SKPD sebagai pengguna anggaran diharapkan dapat memberikan laporan dengan tepat waktu. “Sebab waktu pelaksaan anggaran tinggal beberapa hari lagi hingga 31 Desember 2012,” katanya.

Sedangkan menyangkut masalah dana Otonomi Khusus (Otsus) tahap ketiga, Arisoy menjelaskan, jika dana itu telah turun dari pemerintah pusat dan oleh BPKAD Provinsi Papua telah dikirim ke kabupaten/kota, sesuai jatah masing-masing.

“Tapi ada empat kabupaten yang tak dapat ditransfer karena belum serahkan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana sebelumnya. Ini sudah jadi aturan, dana tahap berikut akan ditransfer apabilan laporan pertanggungjawab pengelolaan dana sebelumnya sudah disampaikan,” katanya. (Jubi/Levi)

Editor : Cunding Levi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Di Papua, Dana APBD 2012 Baru Terserap 82,12 Persen