GOR Pemkot Dusulkan Abadikan Nama GOR Bill N Tjoe

share on:
Ketua FORMULA Papua, Janny Krey mengusulkan nama GOR Pemkot Jayapura menjadi GOR Bill N Tjoe (Jubi/Roberth Wanggai)

Jayapura, (5/1) – Bercermin dari penggunaan Gedung Olahraga (GOR) milik pemerintah provinsi Papua yang dikelola KONI, maka GOR milik pemerintah kota (Pemkot) Jayapura yang rencana diresmikan bulan Februari 2013 mendatang, hendaknya tidak disalah fungsikan penggunaannya. Bahkan diusulkan pula GOR tersebut mengabadikan nama tokoh masyarakat Nafri, almarhum, Bill N. Tjoe.

Ketua Forum Muda Lintas Agama (Formula) Provinsi Papua, Janny Krey, Sabtu, (5/1) di Jayapura menaruh apresiasinya kepada Pemkot Jayapura yang sudah bekerja keras dan mewujudkan fasilitas olahraga terbaik di Kota Jayapura selain GOR milik Pemerintah Provinsi Papua yang terletak di APO Jayapura.

“Akhirnya pergumulan warga kota Jayapura untuk memiliki fasilitas GOR sendiri dapat terwujud berkat kerja keras Pemerintah Kota dan  seluruh komponen masyarakat Kota Jayapura. Tujuan utama pengadaan fasilitas (GOR) ini adalah sebagi pusat pembinaan minat dan  bakat generasi muda di berbagai cabang olahraga dalam rangka peningkatan prestasi serta  pembentukan karakter pemuda sebagai generasi penerus bangsa,” ungkapnya, Sabtu. Itu sebabnya Janny Krey berharap aset GOR Pemkot Jayapura itu,  perlu mendapatkan perhatian semua stakeholders di kota Jayapura untuk dijaga, dirawat dan memanfaatkannya dengan baik.

“Dan sebagai sarana monumental di Kota Jayapura, sekaligus venue yang memiliki keterikatan historis dengan eksistensi masyarakat Port Numbay. Ada baiknya Pemkot Jayapura mengabadikan nama beberapa tokoh masyarakat adat atau agama sebagai nama GOR tersebut,” usul Janny Krey.

Salah satu nama tokoh adat dan masyarakat Port Numbay yang bisa dipertimbangkan adalah almarhum Bill N. Tjo-e, yang merupakan tokoh masyarakat Port Numbay asal Kampung Nafri yang juga adalah mantan anggota DPRD Kota Jayapura.

Secara terpisah, Kepala Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Jayapura, Jhoni Na, SE saat diminta komentarnya, Sabtu, (5/1) di Jayapura berharap kedepannya, GOR milik Pemkot Jayapura digunakan sebagai wadah pembinaan atlit.

“Karena GOR di APO yang dimiliki Provinsi Papua saat ini sudah salah fungsi, karena tidak lagi sebagai tempat pembinaan olahraga. Jadi kalau GOR di kotaraja, harus kegiatan olahraga dan dijaga sebaik mungkin,”saran Jhoni Na.

Apalagi PON XVIII lalu, Papua terpuruk prestasinya, itu sebabnya dia berharap GOR milik Pemkot Jayapura itu untuk difungsikan secara baik dalam rangka pembinaan atlit berprestasi. Selain itu GOR bisa mendatangkan pendapatan, jika dikelola secara profesional. (Jubi/Roberth Wanggai)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  GOR Pemkot Dusulkan Abadikan Nama GOR Bill N Tjoe