Kampanye Pilgub Papua Dimulai, Cagub Harus Siap Kalah – Menang

share on:
Suasana para kandidat saat pembukaan kampanye damai Pilgub Papua 2013 di GOR Cenderawasih Kota Jayapura (Jubi/Eveerth)

Jayapura, (10/1) — Direktur Jenderal (Dirjen) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Republik Indonesia, Andi Tanribali Lamo meminta kepada enam calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua agar pernyataan yang diucapkan dilaksanakan, yakni siap menang dan kalah dalam pesta demokrasi tanggal 29 Januari 2013.

Hal ini disampaikan Dirjen Kesbangpol, Tanribali Lamo, yang datang mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam sambutannya saat pelaksaan pembukaan kampanye damai di Gedung Olahraga (GOR) Cenderawasih, Kamis (10/1).

Dia mengatakan,  kegiatan kampanye adalah bersifat moral yang dilaksanakan enam kandidat,dan harus menyatakan siap terpilih dan siap tidak terpilih, asal jangan di tambah tidak siap menerima hasil.

“Sebagai Kesbangpol telah mengikiti deklarasi damai, tetapi kegiatan hari ini merupakan yang terbaik yang pernah ada, saya berikan contoh, di provinsi lain ada yang kandidatnya salah satu gubernur wakilnya tidak hadir, tetapi di Papua justru bisa menghadirkan enam kandidat secara lengkap,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Republik Indonesia, Andi Tanribali Lamo, di hadapan enam pasangan calon dan masyarakat serta tim sukses pasangan calon yang hadir.

Dirinya berharap, dengan adanya kampanye damai ini, kirranya enam kandidat juga bisa menjaga ketertiban dari masing-masing  pendukung.

“Tahun ini ada 13 Pemilihan Gubernur seluruh Indonesia dan ditambah dengan Papua menjadi 14 (empat belas), namun di harapkan Pilgub Papua dapat menjadi contoh dari segi pengamanan dan ketertiban dalam pelaksanaannya nanti,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan, untuk Pilgub di bulan Januari, ada di Makassar pada tanggal 22 Januari dan di Papua pada tanggal 29 Januari 2013, sehingga ini menjadi hal yang dimungkinkan kedepan bagi KPU dan Panwas untuk melaksanakan kegiatan politik kedepannya secara baik.

“Kepada KPU Papua dan Panwas Papua juga untuk bertindak netral berdasarkan aturan Pemilihan Umum Kepala Daerah, dengan tidak memihak kepada calon manapun serta mensukseskan jalannya pesta demokrasi Pilgub Papua,” tandasnya.

Acara pembukaann kampanye damai diawali dengan adanya pawai keliling kota Jayapura dari enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua, masing-masing, yakni pasangan Noakh Nawipa-Johanis Wob di nomer urut 1 ada  MR Kambu-Blasius Pakage nomor 2, Lukas Enembe-Klemen Tinal nomor 3, Wellington Wenda-Weynand Watori nomor urut 4, Alex Hesegem-Marthen Kayoi nomor 5, dan Habel Suwae-Yop Kogoya mendapat nomor urut 6.

Hadir pula dalam acara pembukaan, pimpinan DPR- Papua, MRP serta Pangdam XVII Cenderawasih dan Kapolda Papua serta tokoh adat dan tokoh agama bersama tim sukses masing-masing pasangan calon dan masyarakat yang ikut menyaksikan. (Jubi/Eveerth Joumilena)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kampanye Pilgub Papua Dimulai, Cagub Harus Siap Kalah – Menang