Faktor Cuaca, KPUD Nduga Tetap Optimis Pilgub Sukses

share on:
Anggota KPU Nduga, Maria Duwitau. (Jubi/Arjuna)

Jayapura (21/1) — Meski faktor cuaca bisa menjadi kedala pendustribusian logistik ke distrik dan kampung, namun Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Nduga optimis proses pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Papua di wilayah tersebut akan berjalan sesuai rencana. 

Anggota KPUD Nguda, Maria Duwitau mengatakan, memang salah satu kendala yang dialami pihaknya adalah sulitnya akses transportasi ke tujuh distrik yang ada. Namun KPUD Nduga tetap optimis Pilgub akan sukses di daerah tersebut.

“Untuk tingkat kesulitan pendistribusian logistik, kami hanya terkendala penerbangan jika cuaca buruk, karena dari delapan distrik yang ada di Kabupaten Nduga, distribusi logistik ke tujuh distrik hanya bisa dengan pesawat. Jika cuaca buruk maka itu menjadi kendala kami. Namun kami KPUD Nduga optimis bisa menyeleranggarakan Pilgub sesuai jadwal. Kami siap mensukseskan Pilgub Papua,” kata Maria Duwitau kepada tabloidjubi.com via selulernya, Senin (21/1).

Mengenai distribusi logistik dari KPU Papua ke Nduga menurutnya, saat ini sebagian logistrik sudah sampai di Ibukota Kabupaten, Kenyam. Sementara sisanya akan tiba hari ini (Senin, 21/1).

“Meski cuaca di wilayah gunung ini sangat ekstrim karena bisa berubah dalam hitungan menit, namun kami optimis hari ini, logistik sisa akan tiba di ibukota kabupaten dan hari Selasa akan mulai dilakukan pelipatan surat suara,” jelasnya.

Namun ia belum bisa memberi keterangan apakan logistik yang dikirim KPU Papua ke Nduga sudah sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerah itu.

“Kalau logistik yang dikirim apakah sesuai dengan DPT pemilih di Nduga, kami belum bisa jawab karena belum seluruhnya tiba di ibukota kabupaten. Pemeriksaan dan sortir baru akan dilakukan setelah sisa kurang lebih 16 koli yang ada di Wamena tiba di kantor KPUD Nduga,” tandas Maria Duwitau.

Pilgub Papua akan digelar, 29 Januari mendatang. Dari 85.727 jiwa penduduk Kabupaten Nduga, ada 54.336 jiwa yang masuk dalam DPT dan tersebar di delapan distrik serta 32 kampung. Jumlah Tempat Pemungutan Suara (DPT) di wilayah Kabupaten Nduga sendiri ada 98 TPS. (Jubi/Arjuna)

 

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Faktor Cuaca, KPUD Nduga Tetap Optimis Pilgub Sukses