TIM KOALISI HMS – YOP PROTES HASIL QUICK COUNT

share on:
Tim Koalisi HSM – Yop, saat jumpa pers (Jubi/Eveerth)

Jayapura, (30/1)Adanya hasil penghitungan cepat (quick counut) yang dilakukan oleh salah satu lembaga survey mendapat tanggapan balik dari Tim Koalisi Pasangan Calon Gubernur Papua, Habel Mekias Suwae – Yop Kogoya, bahwa hal tersebut sangat disesalkan.

 

Hal tersebut lansung disampaikan leh Ketua Tim Koalisi Bangun Papua dengan Hati dan Kasih, Pasangan Cagub Papua, HMS – Yop, Hengki Sawaki, SE., didampingi Max Krey selaku sekretaris dan Paskalis Letsoin, SH., dari tim advokasi koalisi serta Ketua Bidang Kaderisasi Partai Golkar Papua Helmi Ihamahu, di Entrop, Kota Jayapura, Rabu (30/1).

Dikatakan, Pemilihan Gubernur (Pilgub) sudah berjalan dengan baik. Kenapa tiba-tiba sudah ada hasil siapa yang sementara menang. Harusnya kita beri pembelajaran politik yang baik pada masyarakat. Jangan lembaga survey lakukan penghitungan cepat seperti itu. Apalagi kita tahu topografi Papua sulit untuk akurat.

“Jangan terpancing dengan informasi atau klaim perolehan suara pasangan calon tertentu yang seakan-akan telah memenangkan Pemilukada Papua sebagaimana yang diberitakan di media elektronik, karena hal tersebut sangat menyesatkan dan berpotensi menimbulkan masalah yang dapat menciderai proses demokratisasi,” ujar Hengki Sawaki, dalam keterangan pers Tim Koalisi HMS – Yop, di Entrop.

Menurut dia, kubu HMS-Yop sendiri punya perhitungan sendiri yang belum mereka publikasikan. Dan ditabulasi mereka justru pasangan yang diusung partai Golkar dan Koalisi itu unggul dengan 36 persen suara pemilih.
Koalisi pendukung pasangan HMS-Yop juga menyoroti kematian salah satu kader Golkar di Tolikara yakni Josia Karoba yang juga adalah anggota DPRD disana. Josia dilaporkan tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit usai dikeroyok sekelompok warga yang adalah keluarganya sendiri karena meminta mereka memilih salah satu calon tertentu.

“Saya minta Panwas dan keamanan untuk lihat dan beri langkah-langkah hukum terkait itu.
yang terbaik adalah ini saya ajak kita semua berikan yang terbaik dan menunggu saja hasil penghitungan resmi dari KPU Papua.

Sementara itu, KIMetua Advokasi Koalisi Pasangan HMS – YOP, Paskalis Letsoin, SH., menegaskan, sudah mencatat dan akan memberikan laporan resmi kepada Panwas bahkan Mahkamah Konstitusi soal pelanggaran Pemilu Kada yang dilakukan pasangan calon lawan mereka.

“Kami sudah catat banyak laporan mulai dari kepala daerah berpihak pada beberapa calon tertentu ikut kampanye dan politik uang hingga adanya unsure mobilisasu massa. Itu akan kami laporkan pada Panwaslu hingga Mahkamah Konstitusi,’ tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Tim Koalisi atas nama pasangan HMS – Yop Kogoya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pendukung, simpatisan, partai koalisi, relawan, saksi dan seluruh masyarakat Papua atas partisipasi dan dukungan politiknya kepada HMS-Yop dalam Pemilukada Papua.

“Kepada masyarakat Papua agar menunggu hasil perhitunhan suara yang benar-benar akuntabel yang dilakukan oleh lembaga penyelenggara Pemilukada, yaitu hasil pleno KPU kabupaten/kota dan KPU Papua sebagaimana tahapan dan jadwal yang telah di tetapkan,” tandasnya. (Jubi/Eveerth)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TIM KOALISI HMS – YOP  PROTES HASIL QUICK COUNT