WARGA BINAAN LAPAS KLAS II ABEPURA COBLOS DI TPS 24

share on:
Warga binaan Lapas Klas II Abepura gunakan hak pilih untuk Pilgub Papua 2013 (Jubi/Eveerth)

Jayapura, (29/1) — Pesta Demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tidak hanya diikuti warga masyarakat umumnya, namun warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Abepura juga ikut menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara di TPS 24 Kelurahan Awiyo, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Hal ini terlihat dari pantauan Tabloidjubi.com. Lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) berada di halaman dalam tahanan Lapas Klas II Abepura, sementara warga binaan dengan bebas mengikuti setiap tahapan pencoblosan dengan aman hingga berakhir.

“Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Lapas Abepura ditambah dengan warga sekitar berjumlah 371, dimana sudah termasuk ada warga dari luar sekitar Lapas ayang masuk ikut coblos,” ujar Adolof Itaar, Ketua Ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) TPS 24 Kelurahan Awiyo yang juga staf Lapas Abepura ini.

Dirinya mengakui ada warga yang tidak menyalurkan hak politiknya untuk melakukan pencoblosan, namun itu adalah hak mereka dan tidak dipaksakan.

“Dalam menggunakan hak pilihnya, warga binaan tidak dipaksakan, sehingga bebas saja yang ingin menyalurkan hak pilihnya untuk memilih kandidat yang sesuai pilihannya,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga Binaan Lapas Abepura, Jhon Tanati mengakui tetap memberikan hak politiknya sebagai warga negara, walaupun kandidat yang maju belum dilihatnya.

“Ada teman-teman warga binaan yang mengaku belum pernah melihat enam kandidat, padahal mereka juga mendambakan dan ingin mengetahui apa visi misinya membangun Papua,” paparnya.

Dari pantauan dilapangan, warga binaan banyak yang menggunakan hak pilihnya, sedankan di TPS 08, Kelurahan Awiyo terlihat salah satu kandidat gubernur Papua MR Kambu, melakukan pencoblosan tepat pukul 09.30 WITA bersama istri dan ketiga anaknya. (Jubi/Eveerth)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  WARGA BINAAN LAPAS KLAS II ABEPURA COBLOS DI TPS 24