PENGGUNAAN DANA PANWASLU PAPUA Rp 2 MILYAR MULAI DISIDANG

share on:
Suasana persidangan di PN Jayapura, dengan tiga saksi yang dihadirkan (Jubi/Eveerth)

Jayapura, 31/1 (Jubi)—Penggunaan dana Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Papua sebesar Rp 2. 460.000.000 (dua miliar empat ratus enam puluh juta) dari dana hibah Pemerintah Provinsi Papua, mulai disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Jayapura, guna melihat pertanggungjawaban peruntukannya.

Dalam persidangan di PN Jayapura yang dipimpin Hakim Bernard Akasian, Syors Mambrasar, dan Petrus Maturbongs pada Kamis (31/1), dihadirkan para saksi dari pejabat Provinsi Papua, yakni Marthen Sarwom, Decky Imbiri dan Istiyoso dari bagian Perbendaharaan Pemerintah Provinsi Papua.

Selama persidangan berlansung, ketiga saksi dimintai keterangan dengan menjawab berbagai pertanyaan dari para hakim dan jaksa penuntut hukum, serta pengacara terdakwa dari pihak Panwas Papua. Saksi Marthen dalam keterangannya menuturkan, dirinya tak mengetahui lebih dalam peruntukkan dana yang digunakan oleh pihak Panwas Papua. “Bahkan pencairan dana itu, saya juga tak mengetahui, termasuk tak mengetahui peruntukannnya,” katanyamenjawab pertanyaan Majelis Hakim.

Sementara dua saksi lainnya, juga mengemukakan hal yang sama, termasuk hakim juga menanyakan beberapa funsgi bendahara dan dana hibah diperuntukan untuk bidang atau program apa saja. Dalam persidangan yang berlansung hampir dua jam, terlihat hakim menyebutkan posisi Panwas Papua sebagai terdakwa atas penggunaan dana Rp 2 milyar lebih itu.

Dalam persidangan itu, ketiga terdakwa dari Panwas Papua, masing-masing Pdt Horik, Onny Lebelauw dan Wiranto, hadir dalam persidangan dan setiap keterangan saksi dibenarkan oleh ketiganya. Sidang selanjutnya, akan dilanjutkan pada Kamis (7/2) minggu depan, dengan agenda mendengar keterangan saksi lainnya.

Jalannya persidangan berlansung aman, sementara itu dari data yang didapat di lingkungan PN Jayapura terkait posisi Panwaslu Papua, kemungkinannya akan dikenakan status tahanan kota, sehingga bisa bebas dan sewaktu-waktu dipanggil dapat memberikan keterangan. (Jubi/Eveerth)

Editor : Cunding Levi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PENGGUNAAN DANA PANWASLU PAPUA Rp 2 MILYAR MULAI DISIDANG