SEBBY SAMBOM BANTAH TUDUHAN KNPB SORONG

share on:
Sebby Sambom (Jubi/Musa)

Jayapura (1/2) – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Sorong menuduh Sebby Sambon adalah aktor dibalik pembunuhan Mako Tabuni dan Huber Mabel. Tudingan itu terungkap dalam evaluasi KNPB Sorong, 29 Januari lalu.

Melalui catatan tertulis yang diterima tabloidjubi.com, Jumat (1/2) menyatakan, dalam rapat evaluasi KNPB wilayah Sorong pada tanggal 29 Januari 2013 di Sekretariat nya, Sebby Sambom dituduh sebagai aktor di balik penangkapan dan pembunuhan Aktivis KNPB, terutam Mako Tabuni dan Hubert Mabel. Tuduhan itu di lontarkan Ketua KNPB wilayah Sorong, Mathinus Yohame dan ke tiga rekannya, Edison Wenda, Yalius Gombo (Anggota KNPB) dan Gusti Aut (Anggota KNPB).

Seperti dikabarkan, Mako Tabuni, ketua I KNPB ditembak mati aparat kepolisian di Perumnas III Waena-Abepura, Jayapura, Kamis, 14 Juni 2012. Menurut polisi, Mako ditembak karena melakukan perlawanan. Hubertus Mabel, ketua KNPB Jayawijaya juga ditembak mati polisi, Minggu, 16 Desember 2012. Hubertus ditembak karena diduga terlibat dalam penyerangan Mapolsek Pirime hingga menewaskan tiga anggota polisi pada Selasa, 27 November 2012.

Sebby Sambon, aktivis Hukum dan HAM di Jayapura dan salah satu anggota KNPB, membantah tudingan terhadap dirinya. “Tuduhan itu tidak benar. Saya tidak tahu masalah,” tegas Sebby saat menghubungi tabloidjubi.com via telpon, Jumat (1/2) pagi.

Dia meminta pertanggungjawaban dari KNPB dan Oknum-Oknum yang bersangkutan. “Saya menilai bahwa KNPB dalam kepemimpinan sekarang ada anggota KNPB yang menjadi provokator, kemudian membangun image yang tidak sehat dan tidak berdasar di masyarakat asli Papua,” tegas Sebby lagi. Sebby menilai, cara-cara ini menghancurkan persatuan nasional bangsa Papua, dalam perjuangan, dan juga keluar dari tujuan KNPB sebagai media.

“Dengan dasar apakah Oknum Anggota dan Pengurus KNPB wilayah Sorong menuduh Sebby Sambom sebagai aktor dibalik pembunuhan Mako Tabuni dan Hubert Mabel? Ada fakta hukum membuktikan bahwa Sebby Sambom adalah aktor di balik Penangkapan dan Pembunuhan Anggota KNPB? Apakah ada bukti hukum bahwa Sebby Sambom pernah dan sedang kerja sama dengan TNI/POLRI untuk membunuh Activist KNPB?” tanya Sebby.

Sebby juga mempertanyakan posisi beberapa oknum anggota KNPB. Apakah mereka benar-benar Pejuang Papua Merdeka atau sebenarnya adalah antek NKRI? (Jubi/Musa)

Tags:
Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SEBBY SAMBOM BANTAH TUDUHAN KNPB SORONG