RUMAH DINAS PU PANIAI TERBAKAR

share on:
Tinggal puing-puing di lokasi kebakaran perumahan PU Paniai. (Foto: Weynand S)

Paniai, 1/2 (Jubi)Sedikitnya 40 buah rumah yang dihuni para pegawai Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Paniai, Rabu (30/1) sekitar pukul 23.00 WIT, dilahap ‘si jago merah’. Penghuni perumahan dinas PU yang terletak di Nunubado, Distrik Paniai Timur, tak sempat menyelamatkan seluruh isi rumah, karena nyala api membesar dan dalam sekejab menjalar ke rumah-rumah lain yang ada di satu komplek itu.

Salah satu korban, Men Degei, mengatakan, kebakaran itu terjadi karena penghuni salah satu rumah lupa memadamkan lilin yang dipasang pada malam hari. “PLN tra kasih nyala lampu, jadi di rumah dinas kita pakai lilin saja. Rumah semua terbakar itu karena sebelum tidur lupa kasih padam lilin yang dipasang di kamar,” tuturnya ke tabloidjubi.com, Jumat (1/2).

Sebelum peristiwa kebakaran, kata Degei, listrik tidak menyala. PLN Enarotali sejak sebulan lalu tidak lagi melayani para pelanggan. Karena itu, penghuni rumah pun menyalakan lilin dan pelita. Hanya keluarga tertentu mengandalkan penerangan dari genset.

“Sudah satu bulan ini, PLN Enarotali tidak kasih nyala lampu. Rumah-rumah gelap.  Pada malam hari kitong pasang lilin. Kemungkinan kebakaran ini karena lilin yang dipasang dalam kamar tidak dipadamkan,” kata Weynand Sahettapy, warga Enarotali. Selain perumahan dinas PU Paniai di Nunubado, sehari sebelumnya kios-kios yang terletak tak jauh dari PLN Enarotali terbakar. “Dua kejadian ini gara-gara PLN kasih padam lampu sejak bulan Januari kemarin,” tambah Weynand.

Pada malam itu, penghuni bersama warga sekitarnya berusaha memadamkan api yang terus membesar. Tetapi karena nyala api merembet ke rumah-rumah lain, satu komplek itu ludes. Kata Men Degei, peristiwa kebakaran itu membawa kerugian material cukup besar.

Selain bangunan dan perabot dapur, seluruh isi rumah ludes. Termasuk dokumen penting milik para pegawai dan pejabat yang menempati perumahan itu. “Tidak ada korban jiwa. Tapi kerugiannya cukup besar. Kita masih selidiki,” kata Kapolres Paniai, AKBP Samrony.

Pasca kejadian, korban kebakaran dipindahkan ke Gedung Serbaguna “Uwatawogi Yogi” Enarotali. Namun karena gedung tersebut biasa dipakai untuk kepentingan umum oleh pemerintah daerah, puluhan Kepala Keluarga diungsikan ke Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Paniai yang terletak di Ekeitadi, tak jauh dari lokasi kebakaran.

“Ada beberapa keluarga numpang di famili. Tetapi sebagian besar sekarang ada tempati Kantor BLK,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Paniai, Ir. Yulianus Layuk Rombe, Jumat (1/2).

Pemerintah daerah, kata Yulianus, sudah memerhatikan korban kebakaran. Selain makan dan minum, pemerintah juga melengkapi alat tidur dan mandi. Kini, komplek perumahan dinas itu tinggal puing-puing saja. Tampak “police line” dipasang di lokasi kebakaran. (Jubi/Markus You)

Editor : Cunding Levi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  RUMAH DINAS PU PANIAI TERBAKAR