SEBAGIAN WILAYAH KOROWAI MASUK LIMA KABUPATEN

share on:
Ismael Muru Merei (Jubi/Musa)

Jayapura (7/2) – Sebagian wilayah di Korowai bagian selatan Papua masuk dilima kabupaten yang berada didekat Korowai. Delapan wilayah dikawasan itu, resmi menjadi Distrik di lima Kabupaten.

Hal ini dikemukakan Ismael Muru Merei, warga Korowai kepada tabloidjubi.com di Abepura, Kamis (7/2). Ismael mengatakan ada delapan wilayah yang masuk ke lima Kabupaten. Kelima Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pengubin), Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Mappi. “Delapan wilayah di Korowai sudah masuk ke lima kabupaten ini,” kata Ismael.

Pertama, Korowai Timur Distrik Awimbon, dua, Korowai Utara, Distrik Alenso dan Distrik Okbare masuk Kabupaten Pegunungan Bintang (Pengubin). Tiga, Korowai Utara Kampug Borowagi, Distrik Sinadela serta Distrik Samboga masuk Kabupaten Yahukimo. Empat, Korowai Barat, terdiri dari Distrik Suator, Distrik Tisen, dan Distrik Kolobrasa masuk Kabupaten Asmat. Lima, Korowai Barat Daya, kampung RT Muu satu dan Muu dua Kampung Basman satu dan Basman dua Distrik Senngo, masuk Kabupaten Mappi. Enam, Korowai selaatan, meliputi Distrik Yeninuma, Tujuh, Korowai Timur Daya, tepatnya di kampung Abu Wogi Deman Kit dan kampung Waliburu, Kampung Bidge satu dan Ditrik Viriwage masuk Kabupaten Boven Digoel.

Delapan Korowai Tengah, juga masuk Kabupaten Boven Digoel. Namun, hingga kini warga dikawasan ini masih membangun rumah diatas pohon. Ismael Muru Merei mengaku, dari data yang diperoleh pihaknya, jumlah jiwa yang tersebar di Korowai sebanyak 40 ribu jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 25 ribu. Ismael menambahkan, ada 43 suku besar di Korowai. (Jubi/Musa)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SEBAGIAN WILAYAH KOROWAI MASUK LIMA KABUPATEN