PERSIWA TIDAK HADIR, PERSIPURA MENANG WO

share on:
General Coordinator ISL Persipura, Roky Bebena sebelah kiri (Jubi/Roberth)

Jayapura, (10/2) – Tidak hadirnya tim badai pegunungan Persiwa Wamena pada partai derby Persipura vs Persiwa, Minggu, (10/2) di stadion Mandala Jayapura berimplikasi pada pengurangan 3 poin bagi Persiwa dan kemenangan 3-0 untuk Persipura atau menang walk over (WO).

General Coordinator (GC), Roky Bebena mewakili pengawas pertandingan saat konferensi pers membenarkan hal itu. Ia mengatakan sejak H-1, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu berdasarkan jadwal yang ditentukan oleh Badan Liga Indonesia (BLI). Dan saat technical meeting pihaknya sudah melakukan sesuai prosedur yang ada terutama penggunaan dan uji coba lapangan.

“Persiwa Wamena bahkan sudah melakukan latihan resmi pada tanggal 9 Februari pagi jam 7. Sampai dengan waktu kick of, dan sampai pada pertemuan teknik, kami masih menunggu kehadiran manajer, pelatih dari Persiwa Wamena,” ungkap Roky Bebena.

Namun kata Bebena sampai dengan waktu kick of pukul 15.30 WIT tim tamu tidak hadir. Bahkan pihaknya tidak mendapatkan surat resmi dari BLI ataupun penyelenggara kompetisi untuk menunda ataupun mengalihkan agenda pertandingan nomor 45 ISL antara Persipura Jayapura menghadapi Persiwa Wamena, Minggu, (10/2).

“Sehingga selaku penyelenggara pertandingan, kami masih menganggap sah sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan. Dan setelah menunggu dengan durasi waktu 1×15 menit, tim tamu tidak ditempat,” ungkap Bebena.

Dengan demikian lanjut Bebena, sesuai dengan mekanisme aturan yang ada, sudah dicatat oleh Pengawas Pertandingan dan telah dilaporkan kepada Liga selaku pemegang hak kompetisi yang nantinya mereka menentukan laporan dari pengawas pertandingan. Sesuai aturan PSSI maupun FIFA kata Bebena, jika salah satu tim tidak hadir di tempat pertandingan sesuai dengan jadwal, maka tim tersebut dinyatakan kalah 0-3.

“Dan point yang ada pada tim yang tidak hadir, dikurangi tiga,” ujarnya.

Bebena sangat berharap BLI mengacu pada peraturan. Pihaknya tidak ingin kompetisi ini menjadi cedera hanya karena ada hal-hal yang tidak sesuai mekanisme lalu membuat keputusan tanpa melihat kondisi di lapangan seperti apa.

Sebagaimana pasal 52 peraturan umum pertandingan PSSI, ayat 1, jika kesebelasan tidak hadir pada jadwal waktu pertandingan yang sudah ditetapkan, maka pertandingan ditunda selama 15 menit.

Ayat 2, jika setelah penundaan tersebut tidak juga dapat menghadirkan para pemainnya sedikitnya 7 pemain tanpa alasan yang sah, maka kesebelasan tersebut dinyatakan tidak hadir atau kalah walk over (WO).

Ayat 3, penentuan ketidakhadiran suatu kesebelasan ditetapkan oleh wasit. Ayat 4, kepada kesebelasan yang tidak hadir, dapat dikenakan hukuman berdasarkan pasal 66 yakni ayat 1 dinyatakan kalah, kesebelasan lawannya memperoleh kemenangan 3 gol dan dikurangi 3 nilai kemenangan dari pengumpulan nilai yang diperoleh dari pertandingan-pertandingan sebelumnya. (Jubi/Roberth Wanggai)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PERSIWA TIDAK HADIR, PERSIPURA MENANG WO