LP3BH APRESIASI PENGHARGAAN KEPADA NELES TEBAY

share on:
Yan Christian Warinussy (IST)

Jayapura, 5/3 (Jubi) – Lembaga Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Papua Barat mengapresiasi penghargaan Internasional di bidang Keadilan dan Perdamaian Tji Haksoon (The Tji Haksoon Justice and peace Award) tahun 2013 dari Korea Selatan kepada pater Neles Tebay.

“Sebagai pribadi dan selaku direktur eksekutif LP3BH Manokwari dan Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Advokat Indonesia (DPP-PERADIN), saya ingin menyampaikan selamat dan memberi apresiasi yang sangat tinggi kepada DR.Neles Tebay, Pr Koordintaor Jaringan Damai Papua (JDP) atas diraihnya Penghargaan Internasional di bidang Keadilan dan Perdamaian Tji Haksoon (The Tji Haksoon Justice and peace Award) tahun 2013 dari Korea Selatan,” kata Yan Cristian Warinussy, direktur LP3BH Manokwari, melalui catatan tertulisnya yang diterima tabloidjubi.com via surat elektronik (email), Selasa (5/4).

Menurut Warinussy, apa yang diperoleh Pater Neles sangat tepat, proporsional dan pantas diterimanya atas dedikasi dan perannya yang sangat luar biasa dan tak pernah berhenti dalam memperjuangkan terselenggaranya dialog Papua – Jakarta sejak tahun 2006 silam hingga saat ini. dialog Papua-Jakarta yang diperjuangkan pelaksanaannya oleh rakyat Papua selama ini, tentu tidak berasal dari ruang hampa. Sebaliknya, menjadi contoh bagi langkah-langkah rekonsiliasi sosial di muka bumi, termasuk dalam konteks penyelesaian konflik sosial-politik di Tanah Papua belakangan ini.

“Berkenaan dengan itu, pemberian penghargaan internasional tersebut bagi kami dapat dipandang bahwa hasil kerja Neles Tebay, di Jaringan Damai Papua ikut mendorong penyelenggaraan Dialog Papua-Jakarta sebagai solusi dalam rangka penyelesaian masalah dan konflik di bumi Cenderawasih,” tuturnya.

Perjuangan dari Jaringan itu juga mendapat tempat dan perhatian semua pihak, termasuk dunia internasional. Bagi Warinussy, penghargaan itu kiranya menjadi pemicu bagi pekerja hak asasi manusia, demokrasi, keadilan dan perdamaian di tanah Papua untuk terus bekerja keras tanpa pamrih guna mendorong terlaksananya dialog. “Pemberian penghargaan ini tidak saja untuk pribadi seorang Pater Neles Tebay, tapi juga sangat berharga dan berguna bagi para aktifis pro perdamaian di tanah Papua,” nilainya.

Pater Neles Tebay terpilih sebagai pemenang Penghargaan Keadilan dan Perdamaian Tji Haksoon (The Tji Haksoon Justice and Peace Award) tahun 2013. Penghargaan ini akan diberikan pada tanggal 13 Maret 2013, di Seoul, Korea Selatan, oleh Yayasan Keadilan dan Perdamaian Tji Haksoon (The Tji Haksoon Justice & Peace Foundation). Yayasan Tji Haksoon memilih Pater Neles karena sangat terkesan dengan dedikasinya dalam mendorong pembicaraan damai (peace talk) dan perlindungan Hak-Hak Asasi Manusia di Papua.

Yayasan yang berkedudukan di Seoul ini berkeyakinan, usaha-usaha dan dorongan dari pihak yayasan ini dapat memperkokoh komitmen orang Papua dan pemerintah Indonesia bahwa suatu dialog yang efektif bisa membawa perdamaian dan mengakhiri kekerasan. “Saya tak percaya dipilih sebagai pemenang penghargaan ini. Karena saya merasa bahwa saya tak pantas dipilih sebagai pemenang pengharagaan keadian dan perdamaian ini. Saya sendiri tidak mengetahui kriteria atau ukuran yang mereka gunakan untuk menentukan pemenang penghargaan ini,” ujar Pater Neles Tebay, melalui release press yang diterima tabloidjubi.com, di Jayapura, Senin (4/3) kemarin. (Jubi/Musa)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  LP3BH APRESIASI PENGHARGAAN KEPADA NELES TEBAY