PAMERAN OTSUS SEBAIKNYA DIBUAT DI PAPUA

share on:
Sekertaris Komisi E DPR Papua, Hagar Aksamina Madai.(Jubi/Arjuna)

Jayapura, 18/3 (Jubi) – Rencana Pemerintah Provinsi Papua menggelar pameren Otsus di Jakarta, April mendatang terus menui kritik. Meski ada yang setuju, namun menolak pameran dilakukan di luar Papua.

Sekertaris Komisi E DPR Papua, Hagar Aksamina Madai mengatakan, ia setuju dengan rencana pameran tersebut, namun alangkah baiknya jika pameran Otsus digelar di Papua, karena dengan begitu bisa mendatangkan PAD.

“Yang sangat disayangkan, kenapa dibuat di Jakarta. Ini salah alamat. Kalau memang ingin tunjukkan kemajuan Otsus, sebaiknya dibuat di Papua agar semua kerajinan masyarakat bisa dipamerkan dan taraf hidup mereka bisa bertambah. Kalau memang Pejagub ingin tunjukkan kemajuan Otsus sebaiknya dibuat di Papua,” kata Hagar Madai, Senin (18/3).

Menurutnya, jika pameran Otsus digelar di Jakarta, kemungkinan besar yang dipamerkan hanya keberhasilan Otsus. Kegagalannya tidak akan diperlihatkan. Padahal yang dibutuhkan adalah kegagalan Otsus, agar bisa menjadi kajian pemerintah pusat dan semua pihak.

“Jika dibuat di Papua orang luar diundang untuk melihat perkembangan Otsus Papua. Semua bupati didatangkan untuk memperlihatkan keberhasilan mereka. Tidak hanya sisi positifnya yang ditonjolkan, tapi juga sisi negatifnya. Pemerintah pusat pasti akan mempertimbangkan dan mengambil sisi postifnya dan memikirkan solusi untuk kegagalannya,” ujar dia.

Menurutnya, belum terlambat untuk mengevaluasi tempat digelarnya pameran Otsus. Apalagi sebagaian besar masyarakat Papua mengkritik hal itu. Dan apa yang menjadi keinginan masyarakat harus direalisasikan. Jika pameran dilakukan di Papua, selain bisa mendatangkan PAD, juga bisa mempromosikan Papua.

“Belum terlambat. Mari kita evaluasi. Kita salut Pejagub membuat program yang selama ini tidak pernah dibuat. Tapi mari kita buat di Papua, jangan di Jakarta, agar kerajian Papua bisa diperlihatkan. Kita akan coba angkat dalam rapat Bamus DPR Papua agar kita panggil pihak eksekutif duduk bersama membahas pameran Otsus,” kata Hagar Madai. (Jubi/Arjuna) 

Tags:
Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PAMERAN OTSUS SEBAIKNYA DIBUAT DI PAPUA