PELAYANAN KESEHATAN MENYANGKUT NYAWA MANUSIA

share on:
Direktur YPKM Papua, T.G. Buctar Buctar

Sentani,19/3(Jubi)—Masalah kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi persoalan lokal, melainkan global yang menyangkut penyelematan nyawa manusia.

Pernyataan itu disampaikan Direktur Yayasan Pengembangan Kesehatan Masyarakat (YPKM) Papua, T. G. Buctarbuctar M.Kes. “Kesehatan berhubungan dengan penyelamatan manusia,” katanya, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (19/3).

Penyelamatan nyawa manusia yang terancam karena penyakit menular sangat dibutuhkan. Peningkatan pelayanan ini penting mengingat angka pengindap HIV/AIDS di Kabupaten Jayapura mencapai angka 117 jiwa.

Menurut Buctarbuctar, untuk mengatasi lajunya penyebaran virus mematikan perlu ada peningkatan pelayanan kesehatan. “Meningkatkan status kesehatan masyarakat kota dan kampung perlu ditingkatkan,” katanya.

Bagi mereka yang telah terinfeksi, kata Buctarbuctar, perlu ada penanganan khusus. Perlu penanganan berbasis pasien. Harapan itu belum bisa terwujud karena pelayanan kesehatan kini jauh dari harapan. “Kita perlu pelayanan kesehatan model yang lalu mulai berubah. Kita perlu kembalikan pelayanan kuratif, prefentif dan karitatif,” ujarnya. (Jubi/Mawel)

Editor : Cunding Levi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PELAYANAN KESEHATAN MENYANGKUT NYAWA MANUSIA