POLDA SELIDIKI KETERLIBATAN APARAT DALAM KASUS BBM

share on:
Wakil Kepala Polda Papua, Brigjen Polisi Paulus Waterpauw. (Jubi/Levi)

Jayapura, 22/3 (Jubi) –Polda Papua menyelidiki dugaan keterlibatan aparat dalam kasus 1 juta liter BBM ilegal jenis solar yang disita polisi di Pelabuhan Sorong, Papua Barat, Kamis (21/3).

Wakapolda Papua, Brigjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, Kapolda Papua telah memerintahkan Provam Polda untuk menyelidiki dan mengusut dugaan tersebut.

“Jadi sementara memang ada indikasi. Kita tunggu saja hasilnya. Kita harus membuktikan. Tapi kami mendorong dan bertemu dengan pertaminan beberapa hari lalu menungkap BBM ilegal itu,” kata Paulus Waterpauw, Jumat (22/3).

Menurutnya, Polda Papua akan konsisiten mengungkap kasus tersebut. Selain dugaan keterlibatan aparat akan ditangani tim Provam setempat, penyelidikan dari tim Provam Polda Papua juga tetap berjalan. Namun memang di Papua peluang untuk penyalagunaan BBM potensinya besar.

“Wilayah Papua kan sudah dimekarkan menjadi beberapa bagian, namun jatah BBM ke setiap daerah tidak bertambah. Jadi mahalnya harga bisa dimainkan semua pihak. Misalnya di Bintuni, masih mendapat jatah distrik. Padahal kan sudah melintasi beberapa kabupaten,” kata Paulus Waterpauw.

Kabid Provam Polda Papua, Kombes Pol Usman Heri Purwono mengatakan, jika ditenemukan adanya keterlibatan oknum polisi, pihaknya tidak segan-segan memproses sesuai aturan hukum. Bisa disiplin, bisa juga kode etik.

“Kami memang mendapat informasi ada oknum-oknum yang terlibat. Kami lalu menggandeng Reskrimsus untuk melakukan penyelidikan, sebab dalam kasus ini, Reskrimsus lah yang melakukan penindakan, kami hanya sebatas memantau keterlibatan oknum-oknum,” kata Usman Heri Purwono. (Jubi/Arjuna) 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  POLDA SELIDIKI KETERLIBATAN APARAT DALAM KASUS BBM