BALAI PU WILAYAH X LEBIH BAIK DITUTUP

share on:
Ketua Komisi D DPR Papua, Yan Mandenas. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 4/4 (Jubi) – DPR Papua meminta Gubernur Papua terpilih  menutup Balai Pekerjaan Umum (PU) Wilayah X karena dinilai tak maksimal dalam pembangunan infrastruktur, sepert jalan, pengairan dan jembatan.

Komisi D DPR Papua yang membidangi infrastruktur menganganggap Balai PU Wilayah X tidak menguntungkan masyarakat. Untuk itu Gubernur Papua mendatang perlu meninjau ulang keberadaan Balai PU itu.

“Kalau bisa ditutup saja, karena sama sekali tidak ada untungnya.Balai PU sama sekali tidak memberikan kontribusi yang bermanfaat kepada masyarakat Papua. Padahal mereka harusnya membuka keterisolasian dengan membangun jalan, jembatan dan pengairan,” kata Ketua Komisi D DPR Papua, Yan Mandenas, Kamis (4/4).

Namun yang terjadi kata dia, sebagian besar wilayah Papua masih terisolir dan hanya bisa dijangkau dengan pesawat berbadan kecil. Padalah Balai PU punya dana triliunan rupiah yang bersumber dari APBN. “Lantas apa yang dikerjakan Balai dengan dana trilyunan rupiah itu. Mereka kan harus fokus membangun 11 ruas jalan yang menghubungkan beberapa kabupaten. Namun hingga kini masyarakat belum menikmatinya,’’ ujar Yan.

Selain itu menurutnya, pengawasan terhadap setiap kegiatan Balai X di Papua juga lemah. Bahkan sama sekali tidak pernah terlihat. Komisi VII DPR RI yang harusnya mengawasi dan melihat langsung pekerjaannya,  sama sekali tidak pernah turun lapangan.

“Jadi apa yang dikerjakan mereka tidak pernah dimonitor, sehingga tidak jelas target pencapaiannya. Mereka itu justru manjadi masalah, tanpa memberikan kontribusi  yang signifikan bagi Papua. Keberadaan Balai PU wilayah X hanya menguntungkan kelompok tertentu tanpa pernah memberdayakan orang asli Papua. Kami akan koordinasikan ini dengan gubernur. Lebih baik dana triliunan itu diberikan kepada Dinas PU provinsi agar mereka yang melaksanakan pembangunan, dan bisa diawasi secara langsung,’’ kata Yan Mandenas. (Jubi/Arjuna) 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BALAI PU WILAYAH X LEBIH BAIK DITUTUP