NELSON ALLOM PANTAS MASUK TIMNAS U 23

share on:
Kepala Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago (Jubi/Levi)

Jayapura, 3/4 (Jubi) — Nelson Allom mantan kreator tim PON Papua 2012 yang kini merumput bersama tim kebanggaan masyarakat Papua, Persipura  dinilai pantas membela timnas U 23 Sea Games, 2013. Kepergian Zah Rahan memperkuat timnas Liberia memberikan peluang bagi jebolan pemain PON Papua 2012 ini  untuk mengisi posisi gelandang serang. Walau hanya bermain selama beberapa menit dibabak kedua, penampilannya mampu memuaskan coach JF Tiago.

“Saya melihat ini peluang bagi Nelson Alom untuk mengembangkan semua kemampuannya bagi tim Persipura,” kata JF Tiago usai Persipura mengalahkan Persija 1-0 di Stadion Mandala,  Selasa(2/4). Dia menambahkan, tipe permainan Imanuel Wanggai, Gerald Pangkali dan Lim Jun Sik, mereka gelandang bertahan.

Bahkan asisten pelatih Persija, Blitz Tarigan mengatakan salut dengan tim Mutiara Hitam yang selalu memunculkan pemain-pemain muda. “Ini semua berkat tangan dingin pelatih Jacksen F Tiago,” kata Blitz Tarigan.

Namun selama dua pertandingan tanpa Zah Rahan, Gerald Pangkali mencoba mengambil peran Zah Rahan untuk membagi bola ke lini depan. Tapi,  tampaknya tak secepat peran Zah Rahan sehingga hampir serangan Persipura dibangun lewat sayap dengan memanfaatkan kecepatan Pahabol dan juga Boaz di sisi kiri lapangan.

Walau demikian pendapat ini ditepis pelatih Persipura. Menurut eks asisten pelatih timnas Indonesia ini,  Persipura hampir memanfaatkan semua lini untuk melakukan serangan baik saat melawan PSPS Pekanbaru dan juga Persija Jakarta.

Imanuel Wanggai yang ditarik keluar babak pertama akibat cidera menambah pergerakan Persipura di lini tengah mulai kendor. Sehingga pelatih JF Tiago memasukan Lukas Mandowen dan juga Nelson Alom guna menambah daya gedor Persipura ke lini depan. Memang perubahan lini tengah tak berpengaruh untuk menambah gol saat melawan Persija tetapi kemampuan Nelson Alom gelandang serang muda Persipura mulai tampak.

“Saya melihat Nelson Alom saat melawan PSPS Pekanbaru meski hanya 15 menit saja bermain tetapi salah satu asistenya membuat Boaz T Solossa menambah gol kemenangan Persipura jelang babak kedua berakhir,”kata Ferdinando Fairyo mantan pelatih PON Papua 2012. Dia menilai, penampilan perdana Nelson Alom akan terus meningkat kalau pelatih terus memberikan kesempatan dan kepercayaan. “Saya kira Nelson Alom akan menjawab semua kepercayaan yang diberikan pelatih,” kata Ferdinando Fairyo.

Dia menambahkan, Nelson Alom ini memang produk asli binaan Persipura, mulai bermain di Persipura U18 dan kemudian memperkuat Persipura U 21. Permainan puncaknya saat memainkan peran sebagai playmaker PON Papua 2012 di Riau. Meski gagal meraih medali emas sepakbola tapi Nelson Alom mampu memainkan peran sebagai otak penyerangan dari tim PON Papua. Peluang merumput bersama Persipura tentunya akan memberikan kesempatan bagi anak gunung ini berkreasi sebagai playmaker baru bagi Persipura di saat krisis gelandang serang.

Selain Nelson Alom, saat ini di Persipura, posisi gelandang serang masih ada David Lali yang juga sebagai gelandang muda yang telah beberapa musim memperkuat Persipura. Sayangnya beberapa kali pertandingan, jarang diturunkan bahkan duduk di bench pun belum pernah. Hanya Nelson Alom mantan pentolan PON Papua 2012 yang kini duduk di posisi gelandang serang, saat Zah Rahan tidak berada di dalam daftar pemain Persipura. Mantan pelatih PON Papua 2012, Ferdinando Fairyo menegaskan pemain ini pantas masuk timnas U 23. (Jubi/Dominggus A Mampioper)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  NELSON ALLOM PANTAS MASUK TIMNAS U 23