PASAR TANI DI HALAMAN KANTOR BUPATI JAYAPURA

share on:
Pasar tani di Halaman Kantor Bupati Jayapura. (Jubi/Mawel)

Sentani, 5/4 (Jubi) – Ada jadwal khusus kelompok Asosiasi Pasar Tani (Asparta) Cycloop Mandiri Kabupaten Jayapura berjualan di halaman Kantor Bupati Jayapura. “Kami jualan setiap awal bulan minggu pertama,” kata salah satu anggota Asparta Cycloop Mandiri Kabupaten Jayapura, Conny Kreutha, ke tabloidjubi.com, Jumat (4/5).

Pada hari jualan itu, mereka membawa hasil kebun dan olahan makanan ringan. “Ada sayur-sayuran, bahan-buahan, pinang, beras, kue sagu, singkong rebus. Harganya lebih murah dibanding harga di pasar umum. Beras ketan hasil tani warga binaan dinas pertanian, berlabel ‘Kenambai Umbay’ 10 kilogram hanya seharga Rp100.000,” jelas Conny.

Barang jualan itu ada yang dari hasil usaha dengan modal sendiri dan hasil usaha dengan modal bantuan Dinas Pertaniaan. “Kalau saya baru gabung jadi masih modal sendiri. Mereka yang sudah lama, bermodalkan dari pemerintah, dinas (pertanian) terkait,” jelas Conny.

Menurut Conny, mereka yang menggunakan modal pemerintah itu pun awalnya modal sendiri. Karena usahanya berjalan baik, pemerintah memberikan bantuan berdasarkan permohonana. “Bantuan biasanya Rp20 juta. Sejak bergabung dalam kelompok pasar tani tahun lalu saya berjualan pinang dan es kelapa susu dengan modal sendiri. Saya jualan dengan modal pertama Rp600.000. Saya rasa bisa berusaha dengan modal sendiri berarti bisa lebih baik kalau pemerintah beri bantuan,” katanya.

Dengan alasan itu, Conny akan mengajukan proposal bantuan usaha tani. “Saya akan ajukan permohonan untuk bantuan dana. Sehingga dana ini, untuk pembiayaan buka lahan kebun sayur dan bibit sayur.

Menurut Conny, harga jualan pasar tani lebih murah dari harga pasar. “Harga kami lebih murah dari harga pasar. Kalau pisang satu sisir Rp20.000, kami jual Rp10.000. Akibat murah, belum sampai jam 12 siang, jualan biasanya habis. Apalagi kalau awal bulan,” katanya. (Jubi/Mawel)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PASAR TANI DI HALAMAN KANTOR BUPATI JAYAPURA