PEMKAB YAHUKIMO AKAN TURUNKAN TIM KE SAMENAGE

share on:
Bupati Yahukimo, Ones Pahabol. (Doc.Jubi)

Jayapura, 9/4 (Jubi) – Pasca adanya kabar yang menyebutkan 61 warga Kabupaten Yahukimo yang ada di Semenage meninggal dunia mendapat respon dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Bupati Yahukimo, Ones Pahabol saat dihubungi wartawan, Selasa petang (9/4) mengatakan, pihaknya sudah mendengar kabar tersebut dan akan menurunkan tim ke Samenage, Rabu (10/9).

“Kami sudah mendengar kabar itu. Besok tim akan turun ke sana untuk memastikan hal tersebut. Nantinya tim akan dipimpin Sekda Kabupaten Yahukimo. Ada medis yang akan ikut dalam tim,” kata Ones Pahabol.

Namun Ones belum bisa memberikan keterangan lebih banyak lagi seperti apa kondisi masyarakat di Samenage karena ke wilayah tersebut harus dengan pesawat berbadan kecil.

“Ya katanya dalam dua bulan terakhir. Dari Dekai ke wilayah tersebut ditempuh selama 30 menit menggunakan pesawat berbadan kecil. Jadi, nanti saja kalau tim sudah kembali dari sana baru saya bisa memberikan keterangan lebih banyak lagi,” ujarnya.

Dari laporan aktivis HAM Papua, kabarnya sebanyak 61 orang yang ada di Samenage meninggal dunia dalam dua bulan terakhir, terhitung sejak 15 Januari 2013 hingga 30 Maret 2013. Dalam catatan yang direkap salah satu petugas kesehatan di Stasi Samenage, Puskesmas Samenage, disebutkan warga yang meninggal dunai mulai dari usia dua tahun hingga 56 tahun.

“Setelah melalui pendekatan pastoral, kami mendata 61 orang yang meninggal karena menderita berbagai penyakit seperti sesak nafas, menceret, sakit ulu hati, cacingan, badan bengkak-bengkak, dan jantung bengkak. Data ini ditulis petugas kesehatan yang tidak sekolah, hanya melalui kursus. Kami tegaskan, pelayanan publik adalah hak asasi,” kata salah satu aktivis HAM di Papua, Pastor John Jonga saat konferensi pers, Selasa (9/4). (Jubi/Arjuna)

Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PEMKAB YAHUKIMO AKAN TURUNKAN TIM KE SAMENAGE