PNS PUNYA HAK MENDAFTAR SEBAGAI CALEG

share on:

Anggota KPU Merauke, Jaya Ibnu Su’ud. Jubi/Ans

Merauke, 9/4 (Jubi) – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke, Jaya Ibnu Su’ud mengungkapkan, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) mempunyai hak untuk mendaftarkan diri menjadi seorang calon legislatif (caleg).

Hanya saja, kata Ibnu, ketika  mendaftar, bersangkutan sudah harus membawa  surat pernyataan pengunduran diri yang diketahui  dan ditandatangani oleh atasannya langsung. Sehingga surat dimaksud, akan dilengkapi dengan dokumen lain sekaligus diserahkan ke KPU setempat.

Demikian disampaikan Ibnu saat ditemui tabloidjubi.com diruang kerjanya, Selasa (9/4). “Saat pendaftaran calon sementara, surat itu sudah harus dilampirkan juga. Sehingga nantinya jika masih ada berkas lain yang dianggap belum lengkap, akan dikembalikan guna dilengkapi kembali. Jika sampai masa perbaikan  berkas caleg  dan bersangkutan belum menyerahkan juga surat pengunduran diri sebagai PNS, maka otomatis akan dinyatakan gugur,” katanya.

Ibnu mengungkapkan, terhitung mulai hari ini, Selasa (9/4), KPU Kabupaten Merauke telah membuka pendaftaran bagi para caleg melalui partai politik masing-masing. Hingga pukul 10.00 Wit, belum ada yang datang sekaligus melakukan pendaftaran. Pada prinsipnya, KPU selalu menunggu caleg yang hendak mendaftar. Karena sesuai jadwal, pendaftaran dibuka hingga tanggal 22 April 2013 mendatang.

Dijelaskan,  KPU telah memberikan penjelasan kepada masing-masing parpol  jika saat menerima dokumen, beberapa persyaratan harus dipenuhi terlebih dahulu yakni terkait kepengurusan yang mengisyaratkan apakah penandatanganan berkas pencalonan sesuai SK atau tidak. Selain itu, jumlah kursi di setiap daerah pemilihan (Dapil), tidak boleh melebihi kuota. Juga keterwakilan 30 persen  perempuan dalam pencalegan. Jika salah satu persyaratan belum dipenuhi, maka berkas dikembalikan untuk dilengkapi lagi.

Ditambahkan, terdapat 12 partai politik yang akan berlaga dalam pesta demokrasi tahun 2014 nanti. Sesuai ketentuan, maksimal parpol yang mengajukan calon di setiap dapil adalah sesuai perhitungan 100 persen dari jumlah kursi. Jadi, kalau di Kota Merauke dengan jumlah sebelas kursi, maka bakal calon yang diajukan parpol juga harus sebelas. (Jubi/Ans)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PNS PUNYA HAK MENDAFTAR SEBAGAI CALEG