TATA KELOLA PELAYANAN KESEHATAN PENTING

share on:
Rapat Pembentukan Tim Teknis Kesehatan(Jubi/Sindung)

Jayapura,9/4 (Jubi)Pelayanan Kesehatan tidak hanya fokus pada kesehatan Ibu dan Anak serta Penderita HIV, akan tetapi tata kelola layanan juga  harus menjadi prioritas kesehatan di Kota Jayapura. 

“Bagaimana masyarakat itu diakses dengan baik, kita datang ke Puskesmas petugas sudah  ada di tempat, obat bisa diterima secara langsung sehingga masyarakat bisa mendapat pelayanan sempurna seperti apa yang diharapkan,” ungkap Jhon Sawaki, Koordinator Provinsi Kinerja USAID Papua di ruang rapat Bappeda Kota Jayapura, Selasa (9/4).

Menurut Sawaki, kehadiran Kinerja USAID,  untuk memperbanyak kapasitas dari aparat petugas kesehatan. Disisi lain, pihaknya juga akan memperkuat pelayanan bagi masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui pelayanan kepadanya.

Oleh sebab itu, pembentukan tim teknis ini, kata Sawaki adalah wujud kesepahaman guna mengimplementasikan program dibidang kesehatan di Kota Jayapura agar kedepan lebih baik. “Saat ini untuk teknis di Kota, kami bentuk stakholder forum dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat,  baik itu Ondoafi, kepala suku, maupun kepala distrik dan para tokoh yang ada di kampung dan distrik untuk bersama-sama mendukung program ini,” ujarnya.

Dengan begitu, lanjut dia, program yang direncanakan oleh Pemerintah dan Kinerja Papua, serta masyarakat,  akan sinergis dan sesuai dengan apa yang di harapkan bersama. Meskipun,  program khusus Kinerja untuk kota Jayapura, adalah lebih fokus ke Kesehatan Ibu dan anak atau penderita HIV. Selain itu, fokus lain adalah pada tata kelola layanan kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Dolarina de Breving mengatakan,  kerjasama Kinerja dengan Pemerintah Kota Jayapura, diarahkan dalam rangka penguatan capacity building demi peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat di Kota ini. (Jubi/Sindung)

 

Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TATA KELOLA PELAYANAN KESEHATAN PENTING