QUO VADIS OTSUS PAPUA DIBEDAH

share on:
COVER BUKU QUO VADIS OTSUS PAPUA (JUBI/APRILA)

Jayapura, 11/4 (Jubi) – Buku Quo Vadis Otsus Papua karya Mohammad Abud Musa’ad dibedah di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih (FISIP Uncen) di Perumnas III Waena, Abepura, Jayapura, Kamis (11/4).

“Jadi sebenarnya buku ini ditulis untuk menjawab berbagai persoalan yang ada di Papua dalam rangka Otonomi Khusus (Otsus). Oleh karena itu saya berharap, melalui buku ini akan memberikan pencerahan dan juga solusi-solusi penyelesaian masalah Papua sehingga bisa menjadi kontribusi bagi pemerintah yang baru terbentuk di Papua untuk menata kembali kinerja pemerintah dan pembangunan dalam kerangka Otsus Papua itu sendiri,” ungkap Musa’ad, penulis buku kepada wartawan di Aula FISIP Uncen, Kamis (11/4).

Menurut Musa’ad, memang belum ada indikator yang jelas untuk melakukan pengukuran terhadap Otsus. “Oleh karena itu sekarang kita mengalami kesulitan untuk sampai pada kesimpulan, apakah Otsus itu gagal atau berhasil,” tutur Musa’ad.  Djoehermansyah, Dirjen Otda Kemendagri yang sedianya membedah buku ini namun tidak hadir karena harus kembali ke Jakarta Kamis pagi. Djoehermansyah  kembali ke Jakarta bersama  Mendagri, Gamawan Fauzi seusai mengikuti pelantikan Gubernur Papua, Selasa (9/4) lalu.

“Pembangunan di Papua adalah salah satu tantangan administrasi publik dan otonomi daerah yang terbesar serta paling kompleks di negeri ini. Pendekatannya memerlukan sensitifitas lebih dan kesiapan melakukan lebih banyak dari kawasan yang lain buku ini menjadi referensi kesejarahan, perspektif dan pemahaman kontekstual tentang lahirnya kebijakan Otonomi Khusus dari catatan warga dan pelaku Papua sendiri. Narasi dalam buku ini merupakan sumbangan penting bagi peningkatan pengertian kita sebagai publik Indonesia untuk mampu melihat masalah dari perspektif lokal demi tercapainya penghormatan, akomodasi dan keadilan bagi Masyarakat Papua,” tulis  Bambang Shergi Laksmono, Guru Besar Kebijakan Sosial dan Dekan FISIP UI di cover belakang buku Quo Vadis Otsus Papua. (Jubi/Aprila Wayar)

Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  QUO VADIS OTSUS PAPUA DIBEDAH