JDP: PEMERINTAH HARUS MENGAMBIL INISIATIF

share on:
Pater Neles Tebay, terima penghargaan dari Tji Haksoon (The Tji Haksoon Justice & Peace Award) tahun 2013 (Jubi/Eveerth)

Jayapura, 12/4 (Jubi)Pater Neles Tebay dari Jaringan Damai Papua (JDP) meminta pemerintah untuk segera mengambil inisiatif dalam memulai proses dialog dengan Masyarakat Papua.

“Pemerintah dan Orang Papua harus bertemu banyak kali untuk mengurangi kecurigaan dan meningkatkan saling percaya antara satu sama lain karena satu-satunya hambatan terbesar dalam dialog yang belum kita pecahkan adalah sikap kecurigaan dan ketidakpercayaan antara Pemerintah Indonesia dengan Rakyat Papua,” ungkap Pater Neles Tebay kepada tabloidjubi.com di Susteran Maranatha Waena, Jayapura, Jumat (12/4).

Oleh karena itu, JDP mendorong pemerintah pusat supaya bertemu dengan Orang Papua, terutama Orang Papua yang pro-Papua Merdeka.

“Mereka ini ada tiga kelompok yaitu Orang Papua yang Pro-Papua Merdeka dimana mereka tinggal di kota dan kampung di Papua, Orang Papua pro-Papua Merdeka yang tinggal di hutan Papua yaitu Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau Organisasi Papua Merdeka (TPN-PB/OPM) dan Orang Papua pro-Papua Merdeka yang ada di luar negeri. Mereka berada di luar negeri bukan karena keinginannya hidup di luar negeri tetapi karena konflik Papua ini belum selesai,” tutur Pater Neles Tebay lagi.

Menurut Pater Neles Tebay, Pemerintah Indonesia harus mengambil inisiatif, mencari jalan untuk bertemu dengan ketiga kelompok ini dimana dalam pertemuan itu pemerintah bisa menyampaikan bahwa pemerintah mau menyelesaikan masalah lewat dialog dan pemerintah dapat menyatakan format dialog yang diinginkan

“Lalu pemerintah juga dapat bertanya kepada tiga pihak ini, bagaimana tanggapan mereka. Itu dulu,” kata Pater Neles Tebay bersemangat. (Jubi/Aprila Wayar)

Tags:
Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  JDP: PEMERINTAH HARUS MENGAMBIL INISIATIF