15 RIBU SISWA SMU DI PAPUA AKAN IKUT UN

share on:
Ilustrasi UN. (2.bp.blogspot.com)

Jayapura, 14/4 (Jubi) – Sekitar 15 ribuan siswa SMU dan sederajat yang ada di Papua akan mengikuti Ujian Nasional (UN) yang mulai berlangsung besok, (15/4).

Ketua Panitia Pelaksanaan Ujian Nasional Dinas Pendidikan Papua, Leo Benaino mengatakan, jumlah tersebut merupakan siswa yang dipastikan mengikuti UN.

“Ya itu yang dipastikan ikut UN. Terkait distrbusi soal, tak ada hambatan yang berarti. Beberapa kabupaten yang dianggap sulit geografisnya, sejak tanggal 5 April lalu mulai didistribusikan,” kata Leo Benaino, Sabtu (13/4).

Menurutnya, soal UN ke beberapa daerah di wilayah Pegunungan Papua yang terlebih dahulu didistribusikan yakni ke Kabupaten, Intan Jaya, Paniai, Dogiyai, Deiyai dan Nabire. “Tim distribusinya sudah turun juga di sini. 5 April sudah ditargetkan lima kabupaten itu dulu,” ujar Leo Benaino.

Sebelumnya, Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni mengklaim UN di daerahnya terancam tertunda akibat belum diterimanya soal UN. Kendalanya karena sulitnya akses transportasi di daerah itu.

“Bahan belum tersedia dan kami akan perintahkan kepala dinas p dan p menyaipkan. SMA di sana hanya satu yakni di ibukota kabupaten, Sugapa. SMP dan setingkatnya ada tiga, sementara SD ada 56 sekolah. Namun di Intan Jaya tidak semua bisa terjangkau lewat transportasi darat atau udara, tapi ada juga daerah yang hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki melewati jalan setapak,” kata Natalis Rabuni awal pekan lalu. (Jubi/Arjuna)

 

Tags:
Editor : Dominggus Mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  15 RIBU SISWA SMU DI PAPUA AKAN IKUT UN