KOALISI LUNCURKAN WEBSITE TAPOL

share on:
PELUNCURAN WEBSITE (JUBI/APRILA)

Jayapura, 16/4 (Jubi)Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Penegakkan HAM di Tanah Papua bekerja sama dengan sejumlah lembaga swadaya masyarakat di Jakarta dan internasional secara resmi meluncurkan sebuah situs internet. Adapun alamat website adalah www.papuansbehindbars.org.

Peluncuran berlangsung  di Kantor Elsham Papua di Padangbulan, Kota Jayapura, Selasa (16/4).  ‘www.papuansbehindbars.org, dalam bahasa Indonesia berarti Orang Papua dibalik Jeruji’. Website ini diperuntukkan untuk advokasi hak-hak para tahanan politik (tapol) yang mendekam di berbagai penjara di Papua.

“Berdasarkan data yang dihimpun oleh koalisi, hingga Maret 2013 terdapat 40 orang tapol yang ditahan di berbagai penjara di Papua,” kata Ferdinand Marisan, Direktur Lembaga Studi dan Advokasi Hak Asasi Manusia (Elsham) mewakili koalisi di hadapan wartawan. Menurut Marisan, website ini merupakan media untuk menyampaikan keberadaan tapol, sejarah tapol/napol (narapidana politik) Papua, mereka yang disiksa, ditolak akses terhadap pendampingan hukum, dipaksa untuk mengaku, dan segala macam bentuk pelanggaran HAM lainnya.

“Keberadaan tapol ini tidak mesti diingkari seperti pernyataan Menkopolhukam Indonesia, Djoko Suyanto bahwa yang ada dalam tahanan di Papua hanyalah para pelaku tindak pidana yang menjalani pembinaan. Hal yang akan dimuat dalam website ini adalah update situasi di dalam penjara,” kata Marisan lagi.

Menurut Koalisi, penting untuk mengupayakan dihormatinya hak asasi para tahanan yang ditahan di berbagai tahanan polisi saat mereka menjalani penahanan, pemeriksaan atas dugaan pelanggaran makar, maupun mereka yang menjalani masa tahanan sebagai akibat dari putusan proses pengadilan kasus makar. Hal ini tak lain karena berbagai kisah pelanggaran HAM seperti penyiksaan dan sebagainya yang terjadi dari masa penangkapan, pemeriksaan hingga saat mereka menjalani masa tahanan sebagai akibat putusan pengadilan atas kasus mereka. (Jubi/Aprila Wayar)

Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KOALISI LUNCURKAN WEBSITE TAPOL