SATU UNIT MESIN PESAWAT MILIK PEMKAB MERAUKE TIDAK EKONOMIS

share on:

Salah satu pesawat milik Pemkab Merauke ( Jubi/Ans)

Merauke, 16/4 (Jubi)Wakil Bupati Merauke, Sunarjo mengatakan, berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh Direktur Utama (Dirut) PT Merpati Nusantara Airlines di Surabaya beberapa waktu lalu, satu unit mesin dari Pesawat Aoba milik pemerintah dan masyarakat Merauke, tidak ekonomis lagi, sehingga harus diganti dengan yang baru.

Hal itu disampaikan Wabup ketika ditemui tabloidjubi.com diruang kerjanya, Senin (15/4). “Memang pembelian mesin pesawat itu termasuk mahal. Hanya, bagaimanapun juga, harus dibeli sehingga pesawat Aoba yang mengalami kerusakan selama kurang lebih satu tahun terakhir dan hanya parkir begitu saja, dapat beroperasi kembali untuk melayani masyarakat, sekaligus meningkatkan pendapatan daerah,” katanya.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, pemerintah telah memberikan kepercayaan kepada Mantan Direktur Teknik PT MNA untuk melakukan pencairan terhadap mesin tersebut dan sudah didapatkan. Informasinya, mesin dimaksud  dijual di Amerika.  “Kita mempunyai tabungan khusus di Bank Mandiri dalam bentuk dollar. Sehingga nantinya akan digunakan atau dimanfaatkan untuk pembelian mesin tersebut,” tuturnya.

Namun demikian, kata Wabup, perlu persetujuan terlebih dahulu dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke. “Kita tidak bisa dengan serta merta mengeluarkan dana untuk pembelian mesin. Perlu ada persetujuan bersama dengan para wakil rakyat. Jika semuanya sudah disetujui, maka mesin akan segera dibeli,” ujarnya.

Ditambahkan, sesuai penjelasan dari Managemen PT MNA, jika mesin sudah dibeli dan dipasang, Pesawat Aoba akan segera kembali beroperasi seperti biasa untuk melayani masyarakat. “Saya harus akui jika pendapatan dari pesawat dalam satu tahun terakhir mengalami penurunan. Pasalnya, salah satu pesawat mengalami kerusakan. Dengan dilakukan perbaikan kembali dan beroperasi, otomatis pendapatan akan mengalami peningkatan,” tuturnya lagi. (Jubi/Ans)

Tags:
Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SATU UNIT MESIN PESAWAT MILIK PEMKAB MERAUKE TIDAK EKONOMIS