PROVINSI PAPUA DAN PAPUA BARAT IKUT RAKORSUS UP4B DI JAKARTA

share on:
Sekda Papua, Constant Karma, mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, saat membacakan sambutan (Foto UP4B)

Mimika, 17/4 (Jubi) – Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B), menggelar Rapat Koordinasi Khusus Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat (Rakorsus P4B) tingkat nasional, diikuti kedua provinsi yang ada di bumi Cenderawasih di Jakarta.

Rapat yang dibuka Kepala UP4B Bambang Darmono itu dilakukan untuk menyusun Rencana Kerja Tahunan Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat (RKT-P4B) Tahun 2014, di Kantor Bappenas Jakarta, Rabu (17/4).

Hadir dalam Rakorsus P4B diantaranya, Wakil Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Lukita Dinarsyah, Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Autururi, Sekda Papua Constant Karma mewakili Gubernur Papua, Sekretaris Jenderal dan Sekretaris Kementerian dan Lembaga. Turut dihadir sejumlah narasumber dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Pejabat Penghubung UP4B pada kementerian/lembaga, SKPD Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dan Pejabat Penghubung UP4B pada kabupaten/kota.

Sementara itu, Deputi I Bidang Koordinasi dan Sinkronisasi Perencanaan, Pendanaan Program UP4B, Ikhwanuddin Mawardi mengatakan, Rakorsus P4B ini adalah tindak lanjut dari serangkaian rapat koordinasi mulai dari tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi. “Rakorsus P4B akan berlangsung sehari untuk melakukan sinergisasi dan sinkronisasi program yang menjadi prioritas kabupatan/kota, agar memperoleh dukungan pendanaan dari pemerintah pusat,” tuturnya.

Dikatakan, agenda kegiatan Rakorsus P4B ini bertujuan untuk menyusun RKT-P4B Tahun 2014. “Program dan kegiatan yang akan disepakati merupakan: menyangkut prioritas bidang pelayanan dasar berupa pendidikan, kesehatan, pemuda dan olahraga, perumahan, penanganan KAT dan Transmigrasi,” papar Ikhwanuddin.

Selain itu, kata dia, pokok bahasan bidang infrastruktur tentang program PU, perhubungan, energi dan ketenagalistrikan, komunikasi dan informasi. Prioritas bidang ekonomi rakyat akan membahas program pertanian, kelautan dan perikanan, kehutanan, perindustrian dan perdagangan. “Serta koperasi dan UMKM, pariwisata dan ekonomi kerakyatan, serta bidang pendukung dan pengembangan kapasitas kelembagaan pemerintah, pertanahan dan tata ruang, pertahanan dan keamanan,” tandasnya. (Jubi/Eveerth)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PROVINSI PAPUA DAN PAPUA BARAT IKUT RAKORSUS UP4B DI JAKARTA