UNGKAP DEPOSITO DANA PENDIDIKAN DI BANK PAPUA

share on:
Ilustrasi Dana Otonomi Khusus di Papua (Jubui/Eveerth)

Timika, 19/4 (Jubi) – Deposito dana pendidikan di masa kepemimpinan Gubernur Barnabas Suebu dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Papua, Achmad Hatari, hingga kini tidak jelas penanganannya. Sehingga Gubernur Papua Lukas Enembe, diharapkan mampu mengungkapnya.

“Rakyat sudah mengetahui juga, adanya dana pendidikan yang di depositokan di Bank Papua sekitar Rp 1, 2 triliun oleh pejabat yang bersangkutan. Sehingga hal ini harus diselidiki ulang oleh pihak Polda Papua,” ujar Koordinator Umum Nasional Papua Barat LSM Komunitas Masyarakat Adat Papua Anti Korupsi (KAMPAK) Papua, Dorus Wakum, ke tabloidjubi.com, lewat telepon, Jumat (19/4).

Sebagaimana dari informasi yang dihimpun, pada tahun 2011 lalu, ada temuan juga dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dirilis oleh anggota BPK Rizal Djalil di Jakarta, Ahad (17/4/2011), bahwa Rp 1,85 triliun dana Otsus periode 2008-2010, didepositokan.

Dana tersebut harusnya digunakan untuk program pendidikan dan kesehatan rakyat Papua. Menurut rinciannya dana Rp 1,25 triliun disimpan pada Bank Mandiri dengan nomor seri AA 379012 Per 20 November 2008, Rp 250 miliar pada Bank Mandiri dengan nomor seri AA 379304 per 20 Mei 2009 dan Rp 350 miliar pada Bank Papua dengan nomor seri A09610 per 4 Januari 2010.

Gubernur Papua harus bisa membuktikan kepada rakyat, dengan memanggil Kapolda Papua untuk mengatasi masalah ini, sebab uang ini adalah milik rakyat Papua, termasuk meminta pertanggungjawaban dari Barnabas Suebu dan Achmad Hatari.  “Saya kira, gubernur telah menyampaikan komitmennya untuk mengaudit penggunaan dana-dana Otsus pada tahun-tahun sebelumnya, sehingga jangan hanya sebatas opini, tapi harus dibuktikan. Kami tak kompromi dengan kejahatan keuangan negara, sebabnya KAMPAK Papua akan mengawal seratus hari kerja Gubernur Papua dan Wakil Gubernur Papua dalam mengungkap kasu- kasus korupsi,” tandasnya. (Jubi/Eveerth)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  UNGKAP DEPOSITO DANA PENDIDIKAN DI BANK PAPUA