TIM PEDULI JAYAWIJAYA NILAI JOHN-JOHN LANGGAR ATURAN

share on:
John Wempi Wetipo (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 20/4 (Jubi)Deklarasi pencalonan kembali John Wempi Weitipo dan pasangannya John Banua, pekan lalu untuk ikut dalam pemilu 2014 mendatang,  dinilai melanggar aturan.

Sejumlah pemuda yang mengklaim ‘Tim Peduli Pesta Demokrasi Kabupaten Jayawijaya’ menyatakan, deklarasi pasangan incumbent ini sebagai pembelajaran politik yang tidak benar.

“Peraturan KPU nomor 9 pasal 52 poin 2, segala kegiatan pasangan calon termasuk kampanye dan pelaksanaan tim kampanye yang dilakukan sebelum tanggal dimulainya kampanye dan kegiatan apapun yang bersifat mengumpulkan massa di suatu tempat dapat dikategorikan kampanye apabila memenuhi ketentuan pasal 1 angka 10 dan pasal 5,” tegas Nikson Haluk, Kordinator Tim, dalam siaran pers yang diterima tabloidjubi.com di Abepura, Kota Jayapura, Sabtu (20/4).

Dia melanjutkan, berdasarkan peraturaan pemerintahn nomor 6 tahun 2005, tentang pemilihan, pengesahan, pengangkatan dan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah, pasal 61 ayat 1 poin c disebutkan, dalam kampanye, dilarang melibatkan pejabat struktural dan fungsional dalam jabatan negeri.

Sementara peraturan KPU nomor 69, lanjut dia, tentang pedoman teknis kampanye pemilihan umum kepala daerah dan wakilnya, pasal 53, menyebutkan, pejabat Negara, pejabat struktural dan  fungsional dalam jabatan negeri serta kepala desa, dilarang membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye, dan pasal 54 ayat 1 dan 2.

Wempi dinilai melakukan kesalahan fatal dan menyalahi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Indonesia. Pasangan Jhon-Jhon dideklarasikan  di Lapangan Sinapuk Wamena, Kamis (18/4). Pasangan ini didukung 24 partai dan tergabung dalam Koalisi Pembaharuan Jilid II. (Jubi/Timoteus Marten)

 

Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TIM PEDULI JAYAWIJAYA NILAI JOHN-JOHN LANGGAR ATURAN